Thursday, January 23, 2020
Home > Berita > Peringati 40 Tahun RI-Qatar, Wonderful Indonesia Promosi Kuliner

Peringati 40 Tahun RI-Qatar, Wonderful Indonesia Promosi Kuliner

Wonderfull-Indonesia hidangkan kuliner di Qatar.

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Wonderful Indonesia melakukan promosi kuliner di Qatar pada 8 Agustus 2016, sebagai rangkaian promosi budaya dan kuliner guna memperingati hubungan diplomatik Indonesia-Qatar ke-40 yang dibuka sejak 1976.

Promosi tersebut dipamerkan di hadapan tamu asing termasuk 16 para istri Duta Besar negara sahabat di Doha antara lain dari ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei, Thailand, Filipina dan 9 (sembilan) negara lainnya seperti Palestina, Bangladesh, Tajikistan, Kazakhstan,  Peru, Afrika Selatan, Aljazair, Irak,  Swaziland dan India.

Selain itu, promosi Wonderful Indonesia juga diliput media Qatar, seperti Gulf Times, Gulf Tribune dan The Peninsula.

Menurut Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), KBRI Doha, Andi Una Sidehabi,  promosi bertujuan untuk meningkatkan citra kuliner khususnya untuk kalangan perwakilan asing di Qatar.

Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus perpisahan untuk Shirley Wong, istri Duta Besar Singapura, H.E. Wong Kwok Pun yang merupakan Ketua ASEAN Community in Doha (ACD).

Dubes Kwok Pun menyerahkan jabatan Ketua ACD kepada Dubes Wilfredo C. Santos dari Filipina pada hari yang sama pada 8 Agustus 2016. Acara tersebut juga dimanfaatkan untuk perpisahan Salma Sa’ad Chacalia, Istri Dubes Afrika Selatan yang mengakhiri tugasnya di Qatar.

Promosi memamerkan beragam makanan dan kue tradisional. Untuk meramaikan acara  dipamerkan pula beragam kerajinan tangan. Para tamu diajarkan membuat tas anyaman Tasik decoupape yang diperagakan Andi Una Sidehabi dan Andi Indah bersama anggota DWP lainnya. Decoupage adalah seni dekoratif potong memotong dan menempelkan kertas serta mempermanis dengan cara melukis pada tas rajutan.

Dalam sambutannya, Andi Una menyampaikan apresiasi kepada wakil perwakilan asing khususnya para istri Duta Besar yang antusias mengikuti dan menikmati promosi kuliner. Para undangan mengagumi kebhinekaan Indonesia yang mencakup aneka pulau, suku dan bahasa yang tercermin dari sajian kuliner yang beragam dari satu daerah ke daerah lainnya

Para tamu asing terlihat berulang kali mencicipi lezatnya berbagai kudapan yang disajikan seperti: Bakso ikan kuah; Nasi goreng kacang polong; Ikan tenggiri saos tiram; Udang bumbu lemon; Ayam goreng asam manis; Tahu goreng renyah; Mie goreng Udang, Sate ayam; Gado-gado; Acar dan Salad sayuran.

“Wonderful culinary”, cetus Shirley Wong, Istri Dubes Singapura sambil mencicipi beragam makanan tradisional.

Demikian juga aneka kue tradisional yang disajikan berikut penjelasan asal daerahnya. Kue-kue ini dihiasi secara cantik dan menarik serta menggugah selera antara lain: Jajanan pasar khas Jawa Timur; Aneka ketuk Jawa Tengah, Ketan Srikaya Sumatera; Wajik dari Jawa Barat. Sedangkan aneka kue lainnya: Bolu kukus, Apem gula merah, Onde-onde,  Pisang Ijo dan  jalangkote dari Sulawesi; Lemper Sumatera dan  lainnya. “Delicious”, tutur Benj Chaiyindeepum, istri Dubes Thailand ketika ditanya pendapatnya mengenai sajian kuliner.

Agar para tamu makin terkenang, masing-masing diperkenankan membawa pulang souvenir yang berupa Tas kain Jogya, Celemek batik dan  tas anyaman hasil praktek, serta aneka kue tradisional. “Amazing promotion”, ungkap Chhayya Sanjeev Arora, istri Dubes India ketika menerima souvenir tersebut.

Melihat animo tamu asing terhadap kuliner Indonesia, Dubes RI untuk Qatar, Muhamad Basri Sidehabi merencanakan pagelaran seni budaya dan kuliner yang lebih besar. “Acara Wonderful Indonesia merupakan diplomasi multi-track yang efektif guna mempromosikan pariwisata Indonesia”, tutur mantan anggota DPR yang mulai bertugas sejak pertengahan Februari 2016.

Dubes Basri menambahkan bahwa makanan Indonesia memiliki segala potensi untuk mendunia, namun karena kurang promosi sehingga belum mampu bersaing dengan kuliner negara lain..

Menurut Counsellor KBRI Doha, Boy Dharmawan, kegiatan tersebut merupakan upaya KBRI mempromosikan pariwisata termasuk kerjasama dengan TV Aljazeera dan Qatar Airways serta promosi kuliner dengan memperbanyak restoran dan toko Indonesia di Qatar.  (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru