Saturday, June 06, 2020
Home > Berita > Perahu Wisata Terbalik, Nenek dan Cucu Dijemput Maut

Perahu Wisata Terbalik, Nenek dan Cucu Dijemput Maut

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Semarang) – Perahu wisata berisi 19 penumpang terbalik. Akibatnya, dua orang dijemput maut. Korban tewas nenek dan cucunya, semenatara tiga lagi dirawat di rumah sakit.

Kecelakaan laut itu di Pantai Glagah Wangi, Tambak Bulusan, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.Korban tewas nenek Muslikah,65, dan cucunya Khoirunizam,4, warga Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Demak.

Petugas Polres Demak, Senin (31/10) menyatakan, awalnya 24 warga Desa Karangsari itu melakukan rekreasi ke Pantai Glagah Wangi, Tambak Bulusan. Mereka datang ke lokasi pantai menyewa kendaraan odong-odong, Minggu (30/10).

Sampai di tempat rekreasi pantai itu, warga bersuka cita bermain air laut. Beberapa saat kemudian sebagian besar dari mereka ingin melihat kawasan konservasi mangrove. Untuk mencapai lokasi itu mereka harus menggunakan perahu.

Saat itulah 19 orang yang sebagian besar anak-anak menyewa perahu. Sedang lima orang lainnya memilih jalan-jalan di tepi pantai.

Mereka menyewa perahu milik nelayan setempat. Kebetulan saat itu perahu yang ada hanya milik Sumardi,55. Setelah terjadi kesepakatan harga sewa, berangkatlah ke 19 orang tersebut ke lokasi konservasi mangrove.

Perahu bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak itupun mulai melaju meninggalkan pantai dikemudikan sendiri pemiliknya, Sumardi .

Tetapi naas, baru beberapa menit meninggalkan dermaga, perahu yang banyak ditumpangi orang tua dan anak-anak itu oleng hingga akhirnya terbalik. Kecelakaan ini disebabkan karena perahu tidak seimbang saat melintasi kerimbunan ranting mangrove.

Untuk menghindari ranting Mangrove, penupang perahu mendadak berpindah posisi ke kiri. Hal sepontan ini membuat perahu berat sebelah dan terbalik menceburkan seluruh penumpangnya.

Penumpang dewasa bisa segera menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian. Sementara nenek Muslikah dan beberapa penumpang anak yang tak bisa berenang tertutup badan perahu yang terbalik.

Mendengar jeritan para korban, warga sekitar berdatangan ke lokasi musibah dan memberi pertolongan. Lima penumpang berkondisi parah langsung dilarikan ke RSUD Sunan Kalijaga.

Tiga korban selamat dan masih dalam perawatan, Fita Nurulita,12, Romlah,38, dan Khoirunisa Zuhrotul,9.

Sementara dua korban meninggal dunia adalah Muslikah dan cucunya Khoirunizam. Keduanya langsung dimakamkan keluarga di TPU karangsari. Musibah tersebut diusut Polres Demak.(joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru