Sunday, September 15, 2019
Home > Berita > Pengunjung Lokasi Wisata di Jakarta Terus Bersesakan, Pengamanan dan Pengawasan Ditingkatkan

Pengunjung Lokasi Wisata di Jakarta Terus Bersesakan, Pengamanan dan Pengawasan Ditingkatkan

Pengunjung menyerbu TMII Jakarta mengisi liburan Lebaran. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Sejumlah tempat wisata terus disesaki pengunjung yang ingin menikmati liburan Lebaran. Di di Jakarta, seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ragunan dan Taman Impian Jaya Ancol jumlah pengunjung mengalami peningkatan tajam.

Pada hari ketiga Lebaran (Selasa 27/6) diteruskan hari ini (Rabu 28/6), obyek wisata itu akan terus dipadati pengunjung, karena itu pengamanan dan pengawasan juga ditingkatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Alhamdulilah seperti biasa lokasi wisata di Jakarta seperti Ancol, Taman Mini dan Ragunan dikunjungi masyarakat mengalami peningkatan. Hari ini peningkatan sampai 90 an (persen) dibanding tahun lalu baik jumlah mobil maupun jumlah motor,” kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana.

Menyikapi hal tersebut, kata Suntana, polisi melakukan pengamanan bergabung dengan TNI dan petugas rekreasi. “Kita memulai pengaturan mobil-mobil masuk, ada beberapa kantong-kantong parkir yang kita siapkan di sana. Masyarakat dari kantong parkir itu disiapkan mobil keliling gratis,” ucapnya.

Dikatakan, di tempat-tempat wisata yang memiliki pantai polisi melakukan pengaman, memberikan imbauan, membantu masyarakat. “Kasus yang muncul selama ini kebanyakan informasi anak hilang karena yang terlepas dari orangtua, ada kecopetan tapi bisa kita amankan,” tukasnya.

“Jadi selama 2 hari ini polisi melakukan penjagaan, patroli, himbauan masyarakat. Dan semuanya aman kondusif. Alhamdulillah tidak ada kejadian yang menonjol,” sambung Suntana kepada wartawan.

Pengamanan dilakukan, jelas Suntana sampai akhir Operasi Ramadniya pada tanggal 4 Juli 2017. “Tapi apabila diperlukan, ternyata kan liburan anak sekolah sampai tanggal 10, mungkin saja akan terus kita tingkatkan pengamanan sampai Ancol kembali normal, sampai lokasi wisata ini tidak lagi ramai orang yang akan mudik atau orang yang liburan Lebaran,” pungkasnya.

Dari laporan di lapangan yang masuk di Pos PAM Utama Ancol secara umum pelanggaran lalu lintas tidak pakai helm, kemudian ditindak dengan memberikan himbauan. “Untuk kejahatan di Ancol dan Ragunan cuma beberapa yang kecopetan tapi bisa kita amankan.

Suntana menghimbau kepada masyarakat yang berwisata dengan aman dan nyaman dengan memperhatikan barang bawaan, tidak meninggalkan barang bawaan dalam pengawasan.

“Bagi yang membawa anak kecil tolong anaknya dijaga benar jangan sampai kehilangan. Perhatikan faktor keamanan, apabila menggunakan laut sebagai media renang pastikan anak-anak kita itu tidak menggunakan yang di bagian yang dalamnya,” katanya.

Di kawasan Ancol hingga pukul:17:00 pada Selasa, jumlah pengunjung mencapai 109.297 orang, jumlah mobil 12.781, dan motor 8.648. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru