Saturday, December 07, 2019
Home > Hukum > Pengelola Situs Islam Protes

Pengelola Situs Islam Protes

BNPTBlokir Situs Islam Indonesia

BNPTBlokir Situs Islam Indonesia (intelijen.co.id)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Beberapa pengelola situs bernuansa Islam melancarkan protes atas pemblokiran sepihak laman mereka oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika atas permintaan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) , dengan tuduhan situs mereka menyebarkan radikalisme. 

Pemimpin dan wartawan situs aqlislamiccenter.com, hidayatullah.com, kiblat.net, salam-online.com, panjimas.com, arrahmah.com dan gemaislam.com mendatangi Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Selasa, untuk menyampaikan keberatan mereka.

Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Regulasi Strategis Danrivanto Budhijanto menemui perwakilan dari ketujuh media daring itu.

Pemimpin Redaksi Hidayatullah Mahladi, yang menjadi juru bicara, mengatakan, pemerintah melakukan pemblokiran situs tanpa memberitahukan alasan atau kesalahan mereka.

“Tiba-tiba saja diblokir, kita tidak tahu kesalahannya apa, tidak ada pemberitahuan sebelumnya,” katanya.

Mahladi juga mengatakan bahwa mereka tidak melanggar aturan dalam pemuatan konten.

Mereka menyampaikan protes dan keberatan karena merasa tidak memuat konten negatif seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri No.19/2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif.

Para pengelola situs Islam itu juga menuntut normalisasi atas pemblokiran tersebut sesuai dengan pasal 16 Peraturan Menteri No.19/2014 tersebut dan penghilangan situs dari “Trust Positif”.

“Ketiga kami juga membuka kesempatan untuk berdialog dengan pihak-pihak yang mengajukan pemblokiran atas situs-situs kami,” katanya.

Danrivanto Budhijanto menyatakan meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut dan menyatakan kementerian melakukan pemblokiran atas permintaan BNPT.

Kementerian, menurut dia, akan memfasilitasi pertemuan antara pengelola situs-situs itu dengan BNPT.

Kementerian Komunikasi dan Informatika sebelumnya diberitakan  memblokir 19 situs yang dinilai menyebarkan radikalisme atas permintaan BNPT.

Menurut Pemimpin Redaksi Hidayatullah sesudah itu situsnya sering mati dan kadang tidak bisa dibuka namun pada pukul 11.30 WIB  situs tersebut masih bisa dibuka.

Situs aqlislamiccenter.com, kiblat.net, salam-online.com, panjimas.com, arrahmah.com, dan gemaislam.com juga bisa diakses pada Selasa siang.  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru