Monday, December 16, 2019
Home > Berita > Pemprov DKI Jakarta Bangun Lagi 3.000 Unit Rusun Terdiri 24 Tower Tahun Ini

Pemprov DKI Jakarta Bangun Lagi 3.000 Unit Rusun Terdiri 24 Tower Tahun Ini

Rusun yang dibangun Pemprov DKI Jakarta. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Selesai membangun sekitar 1.800 unit rumah susun (rusun), Pemprov DKI Jakarta kini kembali melanjutkan pembangunan rusun baru di tempat lain. Dalam waktu dekat ini segera dibangun 24 tower yang terdiri dari 3.000-an unit dan harus selesai tahun ini juga.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta Arifin mengatakan pihaknya baru saja menyelesaikan 1.800-an unit rusun di lima lokasi. Keberadaan hunian itu untuk merelokasi warga yang terdampak penertiban. Adapun proses penempatannya sedang diundi.

Adapun saat ini tengah pihaknya sudah persiapan membangun 3.000 unit lagi. “Pembangunan rusun tersebut ditargetkan rampung akhir tahun ini,” kata Arifin di Jakarta, Sabtu (27/5).

Proyek tersebut terdiri dari 24 tower, di antaranya di wilayah Ceger, Rorotan, Pengadegan, Penggilingan, Pulogebang, dan Pesing.

Adapun untuk proyek rusun tersebut dialokasikan anggaran lebih dari Rp 2 triliun. “Anggaran sebanyak itu hanya untuk tahun ini saja,” jelas Arifin.

Dia menambahkan bahwa proyek semacam ini sering terkendala masalah keberadaan lahan. Sebab, ada sejumlah lahan yang masih ditempati bangunan milik warga dan harus dibebaskan lebih dulu.

Menurutnya saat ini, proses lelang pembangunan rusun telah selesai dan tengah dalam tahap pekerjaan konstruksi.

“Diharapkan pembangunan berjalan lancar dan sesuai spesifikasi dan target. Bangunan ini juga akan digunakan untuk relokasi warga terdampak penertiban maupun kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” papar Arifin. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru