Monday, July 06, 2020
Home > Berita > Pemilu India 2019: Narendra Modi Menang Untuk Jabatan Kedua

Pemilu India 2019: Narendra Modi Menang Untuk Jabatan Kedua

Pendukung BJP merayakan kemenangan setelah mengetahui hasil pemilihan awal di New Delhi. (Foto; Reuters/Al Jazeera)

Pendukung BJP merayakan kemenangan setelah mengetahui hasil pemilihan awal di New Delhi. (Foto; Reuters/Al Jazeera)

mimbar-rakyat,.com (New Delhi) – Penghitungan suara masih berlangsung di India setelah pemilihan umum (pemilu) tujuh fase maraton berakhir pada 19 Mei, nmamun hasilnya menunjukkan  Perdana Menteri Narendra Modi memimpin jauh dan berpeluang besar untuk masa jabatan kedua.

Aliansi Demokratik Nasional (NDA) yang dipimpin oleh Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) memimpin di hampir 340 dari 542 kursi yang masuk. Sementara oposisi United Progressive Alliance (UPA) yang dipimpin oleh aliansi Kongres Nasional India (INC) baru meraih  kurang dari 100.

Pada tahun 2014, BJP telah memenangkan mayoritas absolut di 545 anggota Lok Sabha (Dewan Rakyat), majelis rendah parlemen India.

Sekitar 67 persen dari lebih dari 900 juta pemilih yang memenuhi syarat memberikan suara mereka dalam pemilihan dimana partai berkuasa berjuang pada masalah keamanan nasional dan agenda Hindu garis keras.

Partai-partai oposisi mengangkat isu-isu seperti krisis pekerjaan besar-besaran dan kesulitan pertanian, dengan partai Kongres mencuatkan tuduhan korupsi atas pembelian jet tempur Rafale Prancis oleh pemerintah.

Penghitungan juga diadakan untuk empat pemilihan majelis negara bagian di Andhra Pradesh, Arunachal Pradesh, Odisha dan Sikkim.

Dilansir dari New Delhi, Sohail Rahman dari Al Jazeera mengatakan, BJP memimpin di 292 kursi, penghitungan lebih baik dari kinerjanya pada 2014.

“BJP memimpin di 292 daerah pemilihan. Jika mereka memenangkan semua kursi ini, mereka mayoritasi,” katanya.

“BJP telah mempertahankan basis pemilihnya kecuali beberapa kursi di negara bagian Uttar Pradesh. Tetapi mereka telah membuat terobosan di dua negara yang sangat penting: Odisha dan Benggala Barat.”

Pemungutan suara juga sedang dihitung dalam empat pemilihan majelis negara bagian. Menteri Andhra Pradesh N Chandrababu Naidu kemungkinan akan mengundurkan diri pada hari Kamis, kata kantor berita India ANI.

Di negara bagian timur Odisha, tren terbaru menunjukkan Biju Janata Dal (BJD) yang berkuasa memimpin di 94 kursi, BJP di 28, dan Kongres di 12 daerah pemilihan.

Pertemuan dewan parlemen BJP dijadwalkan akan diadakan sekitar 1200 GMT pada hari Kamis. PM Modi akan menemui tim partainya di kantor mereka di ibukota New Delhi, tulis kantor berita India ANI.

Amarinder Singh, kepala menteri negara bagian utara Punjab dan seorang pemimpin senior Kongres, telah mengakui kekalahannya dalam pemilihan umum.

“Kami kalah dalam pertempuran,” kata Singh kepada saluran berita TV India Today. Kongres belum secara resmi merilis pernyataannya tentang kekalahan tersebut.

“Banyak ucapan selamat kepada Perdana Menteri Narendra Modi karena memberikan kemenangan besar bagi Partai Bharatiya Janata,” Menteri Luar Negeri Sushma Swaraj memposting di Twitter.***sumber Al Jazeera.(dta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru