Monday, September 16, 2019
Home > Berita > Pemilik KTP el Palsu Jadi Mudah Ditangkap

Pemilik KTP el Palsu Jadi Mudah Ditangkap

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Pemilik Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el) palsu jadi mudah ditangkap dengan memanfaatkan alat pembaca (card reader) KTP el. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat  Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mengajak lembaga dan instansi untuk menggunakan alat tersebut.

Card reader dapat mendeteksi KTP el yang dimiliki seseorang, apakah palsu atau tidak. Demikian diungkapkan Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, ketika meresmikan kerja sama penggunaan card reader dimaksud dengan BCA Finance, di Jakarta, Kamis (21/4).

“Dengan card reader walaupun diluarnya nama saya (Zudan-red) kalau chipnya nama Pak Roni Haslim (Direktur BCA Finance-red) nanti yang akan keluar fotonya Pak Roni Haslim. Maka tinggal tangkap saja pemegang KTP itu,” kata Zudan mencontohkan, seperti dikutip dari laman http://www.kemendagri.go.id.

Saat ini pemerintah, dikatakan, terus melakukan perubahan-perubahan dan memanfaatkan teknologi dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Zudan berharap dengan adanya kolaborasi dengan BCA Finance dapat mempermudah pelayanan.

Dia juga menyarankan BCA Finance untuk memanfaatkan card reader.  Ketika para nasabah datang cukup dengan menempelkan KTP el. Sehingga mudah dalam mendeteksi keaslian si pemilik KTP el.

“Jadi, debit BCA Finance nanti kami sarankan  memiliki card reader. Jadi kalo orang datang, tidak perlu mengisi buku tamu tempelkan saja KTPnya disitu keluar gambarnya. Ini kemajuan teknologi yang kita gunakan untuk memudahkan hidup kita,” ungkap Zudan.

BCA Finance instansi ke-207 yang bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil dalam pemanfaatan data kependudukan, NIK, dan KTP-el. Juga terdapat 32 lembaga/kementerian yang sudah bekerjasama dengan Kemendagri.***(enak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru