Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Pembuatan Paspor Haji Indonesia 81 Persen Selesai, Visa 34 Persen, Penerbangan Mulai 28 Juli

Pembuatan Paspor Haji Indonesia 81 Persen Selesai, Visa 34 Persen, Penerbangan Mulai 28 Juli

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Pembuatan paspor jemaah calon haji (Calhaj) Indonesia sudah mencapai 81 persen atau 171.860.Sedangkan visa haji yang terbit sudah mencapai 34 persen, atau 70.891.

“Paspor yang sudah selesai 81 persen dan visa yang sudah terbit mencapai 34 persen,” kata Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nur Syam, di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, pengurusan dokumen paspor gelombang pertama sudah selesai semua. Yang belum selesai kebanyakan daerah yang jemaahnya akan diberangkatkan pada gelombang kedua.

Terkait visa, Nur Syam menilai proses visa relatif cepat mengingat baru dibuka sekitar lima hari. Visa yang sudah terbit sebanyak 70.891 itu dalam waktu sekitar lima hari. “Pembukaan layanan visa baru dimulai akhir pekan lalu,” tambah Nur Syam.

Dia mengaku optimistis kalau proses penerbitan visa akan berjalan lancar. Sebab setiap hari sekitar 10 ribu visa yang bisa diselesaikan sehingga tidak ada masalah untuk diselesaikan pada waktunya.

Meski demikian, Nur Syam mengingatkan jajarannya untuk terus bekerja optimal untuk memastikan keterlambatan visa pada musim dua tahun lalu tidak terulang lagi.

Seperti diketahui, kelompok terbang (Kloter) haji Indonesia, dijadwalkan berangkat secara serentak dari 13 embarkasi pada 28 Juli 2017. Pemberangkatan jemaah dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan berlangsung dari 28 Juli – 11 Agustus 2017. Sedangkan gelombang kedua akan diberangkatkan dari 12 – 26 Agustus 2017. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru