Wednesday, October 23, 2019
Home > Berita > Pembangunan MRT Fase Kedua Mulai 2019, dari HI hingga Ancol Timur

Pembangunan MRT Fase Kedua Mulai 2019, dari HI hingga Ancol Timur

MRT yang dibangun di Jakarta. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) fase kedua akan dimulai 2019. Rutenya dari Bundaran HI hingga Ancol Timur. Untuk pembangunan rute itu, PT MRT melakukan kerjasama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama dilakukan Presiden Direktur MRT Jakarta, William Sabandar dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C. Paul Tehusijarana serta disaksikan langsung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta, Jumat (3/3).

William Sabandar mengatakan, kerjasama tersebut sebagai wujud sinergi dua BUMD dalam meningkatkan pelayanan fasilitas terhadap warga DKI Jakarta.

“Kerjasama kedua BUMD DKI Jakarta ini merupakan wujud dari sinergi akan jadi kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan fasilitas masyarakat, termasuk akses masyarakat menuju  kawasan Ancol, supaya lebih mudah dan terjangkau,” ujarnya.

William menjelaskan, dalam kerjasama, pihaknya akan menyediakan lahan bagi MRT untuk pembangunan stasiun dan depo MRT. Hal ini, menurut William, mendorong warga untuk beralih nenggunakan transportasi publik.

“PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. akan memberikan alokasi lahan kepada MRT Jakarta untuk pengembangan stasiun dan depo di kawasan tersebut untuk pengerjaan fase kedua, dengan rute Bundaran HI ke Ancol Timur. Perluasan wilayah ini akan mendukung perubahan gaya hidup menggunakan transportasi publik dan memberikan manfaat sebesarnya bagi masyarakat Jakarta dan wilayah penyangga,” jelas William Sabandar.

Saat ini pengerjaan MRT Jakarta sudah mencapai 65 persen. Pengerjaan MRT Jakarta struktur bawah tanah telah selesai 80 persen, sementara struktur layang sendiri telah selesai hingga 50 persen. Upaya percepatan penyelesaian proyek dilakukan agar MRT Jakarta dapat beroperasi pada tanggal 1 Maret 2019.

Pada fase pertama, panjang jalur Lebak Bulus–Bundaran HI adalah 16 kilometer dan akan melayani 173.400 penumpang setiap hari melalui 16 set kereta: 14 set kereta operasi dan 2 kereta cadangan. Total tempuh 30 menit dengan jarak antar kereta 5 menit sekali.

Fase kedua Bundaran HI–Ancol Timur sepanjang 13,5 kilometer rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2019 dan dapat beroperasi pada tahun 2021. Fase ketiga Cikarang–Balaraja sepanjang 87 kilometer akan mulai dibangun pada tahun 2020. Diharapkan pembangunan di fase ini akan selesai pada tahun 2024–2027.

MRT mulai dibangun pada tahun 2013 dan membentang sepanjang kurang lebih 110 kilometer dari Utara–Selatan dan Barat–Timur. (joh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru