Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Pelaksana Haji Siap Layani Lebih dari 2 Juta Peziarah

Pelaksana Haji Siap Layani Lebih dari 2 Juta Peziarah

Dafttar kegiatan haji. (Foto:Arab News)

Dafttar kegiatan haji. (Foto:Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Mina) – Pelaksana haji di Arab Saudi siap melayani lebih dari 2 juta peziarah, yang terdiri atas 1.747.440 jamaah dari luar negeri dan 200.000 lainnya berasal dari Arab Saudi, termasuk warga negara dan penduduk.

Jemaah haji yang telah tiba untuk persiapan “Hari Tarwiyah” (hari ke-8) yang jatuh hari ini, menurut Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Mayjen Mansour Al-Turki, seluruhnya terlayani.

Al-Turki, seperti dikutip Arab News, menekankan perlunya pemeriksaan yang dilakukan di pintu masuk menuju tempat-tempat suci untuk mendeteksi adanya pelanggaran peraturan haji. Dia mengatakan lebih dari 400.000 orang telah dipulangkan karena tidak memilikikelalngkapan izin haji.

Menurut pihak berwenang, sebanyak 208.236 mobil yang dikendarai oleh orang-orang tanpa izin dikembalikan, dan 3.296 kendaraan lainnya diditahan di pintu masuk ke Makkah.

Hatim bin Hassan Qadi, penasihat menteri haji, mengumumkan berakhirnya tahap pertama rencana penerimaan peziarah melalui titik masuk di Makkah dan Madinah. Menurut dia, terdapat 19.500 bus mengangkut peziarah dari Madinah ke Makkah, sementara 38.000 bus lainnya mengangkut peziarah dari daerah lain.  Jamaah kemudian diangkut ke Mina dengan 9.000 bus.

Qadi menegaskan, kamp di Mina siap menerima peziarah, baik yang dikelola sektor publik maupun swasta. Pelaksana haji juga mencakup berbagai fasilitas medis bagi peziarah.

Ahmad bin Rayan Barayan, pengawas umum hubungan masyarakat dan media di Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi (SRCA), mengatakan, fasilitas kesehatan mencakup 133 pusat ambulans yang dikelola  78 dokter dan spesialis, dan 2.500 pegawai administrasi dan teknisi.

Dia mengatakan, ada 25 tim yang ditugaskan untuk respon lanjutan yang akan mendukung tim ambulans lapangan, selain tim ambulans lainnya. Ada pula empat ambulans udara yang memiliki peralatan lengkap, sementara 500 relawan pria dan wanita bertugas di Masjid Agung dan situs Arafah.***(janet)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru