Monday, October 21, 2019
Home > Berita > Pebalap Usia 18 Tahun Max Verstappen Juara F1 Rio Haryanto ke-17

Pebalap Usia 18 Tahun Max Verstappen Juara F1 Rio Haryanto ke-17

Max Verstappen, juara laga F1 Barcelona 2016.

MIMBAR-RAKYAT.com (Barcelona) – Pebalap remaja dari Belanda, Max Verstappen, mengukir sejarah pada laga Formula 1 ketika tampil sebagai juara balapan di Barcelona, Spanyol, Minggu, sedangkan dua jagoan Lewis Hamilton dan Nico Rosberg bertabrakan dan tersingkir pada putaran pertama.

Pebalap asal Solo Rio Haryanto berada di urutan ke-17, setelah rekan setimnya Pascal Wehrlein yang berada di urutan ke-16.

Lima pebalap tidak dapat menyelesaikan laga dan berada di bawah Rio. Mereka adalah Romain Grosjean (Haas), Fernando Alonso (McLaren), Nico Hulkenberg (Force India), Nico Rosberg (Mercedes) dan  Lewis Hamilton (Mercedes)

Verstappen, yang baru berusia 18 tahun dan melakukan debutnya untuk tim mantan juara dunia setelah dipromosikan dari tim junior Toro Rosso sepekan sebelumnya, mengungguli pebalap Ferrari Kimi Raikkonen — yang berusia 36 tahun — dengan selisih 0,616 detik.

Verstappen juga menjadi pebalap termuda yang naik podium dan pebalap pertama asal Belanda yang memenangi balapan sejak kejuaraan dimulai pada 1950.

Ayahnya Jos, yang dua kali naik podium saat masih membela Benetton sebagai rekan setim Michael Schumacher pada 1994 dan membalap melawan Raikkonen pada fase akhir kariernya, menyebut ini hari terbaik dalam hidupnya.

“Ini benar-benar keistimewaan yang sulit dipercaya,” kata dia kepada para pewarta ketika pihak lain memuji bakat luar biasa putranya, seperti dilaporkan dailymail.co.uk.

Juara dunia empat kali Sebastian Vettel, mantan pebalap termuda yang memenangi balap berkat aksi gemilangnya pada Grand Prix Italia 2008 saat masih membela Toro Rosso pada usia 21 tahun, menghuni peringkat ketiga untuk Ferrari.

Keunggulan Rosberg telah terpangkas menjadi 39 angka, di mana Raikkonen naik ke peringkat kedua untuk menggeser Hamilton.

Verstappen kerap dianggap anak muda yang bahkan tidak dapat mengemudi di jalanan umum sampai tahun lalu, dan masuknya ia ke olahraga ini dipertanyakan banyak pihak.

“Saya menargetkan podium namun untuk bisa juara adalah hal yang menakjubkan,” kata Verstappen, yang lolos kualifikasi pada urutan keempat sedangkan rekan setimnya dari Australia Daniel Ricciardo menduduki urutan ketiga.

Lewis Hamilton dibonceng ke pit setelah tabrakan pada laga F1 Barcelona, Minggu. (dailymail.co.uk)
Lewis Hamilton dibonceng ke pit setelah tabrakan pada laga F1 Barcelona, Minggu. (dailymail.co.uk)

Riciardo berpeluang bergabung dengannya di podium, namun masalah pada mobilnya membuat ia hanya finis urutan keempat.

“Anak itu melakukan pekerjaan yang tidak bisa dipercaya,” kata ketua Red Bull Christian Horners, si miliarder pemilik minuman energi yang turut menyaksikan balapan ini.

Verstappen basah kuyup saat itu, berlama-lama di podium setelah para pebalap Ferrari turun dan menggenggam erat trofi kemenangannya.  (arl)

Hasil Formula 1 Spanyol Grand Prix (66 putaran)

1. Max Verstappen (Red Bull) 66 laps

2. Kimi Raikkonen (Ferrari) +0.616s

3. Sebastian Vettel (Ferrari) +5.581s

4. Daniel Ricciardo (Red Bull) +43.950s

5. Valtteri Bottas (Williams) +45.271s

6. Carlos Sainz Jr (Toro Rosso) +1m01.395s

7. Sergio Perez (Force India) +1m19.538s

8. Felipe Massa (Williams) +1m20.707s

9. Jenson Button (McLaren) +1 lap

10. Daniil Kvyat (Toro Rosso) +1 lap

11. Esteban Gutierrez (Haas) +1 lap

12. Marcus Ericsson (Sauber) +1 lap

13. Jolyon Palmer (Renault) +1 lap

14. Kevin Magnussen (Renault) +1 lap

15. Felipe Nasr (Sauber) +1 lap

16. Pascal Wehrlein (Manor) +1 lap

17. Rio Haryanto (Manor) +1 lap

DNF Romain Grosjean (Haas)

DNF Fernando Alonso (McLaren)

DNF Nico Hulkenberg (Force India)

DNF Nico Rosberg (Mercedes)

DNF Lewis Hamilton (Mercedes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru