Tuesday, June 25, 2019
Home > Berita > Pawai Umat Islam Peringati Maulid Nabi di Birmingham

Pawai Umat Islam Peringati Maulid Nabi di Birmingham

Pawai umat Muslim peringati Maulid Nabi Muhammad di Birmingham, Inggris. (birminghampostandmail.co.uk)

MIMBAR-RAKYAT.com (Birmingham) – Ratusan orang Muslim melakukan pawai memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Kamis waktu setempat sehingga jalanan di berbagai bagian kota menjadi macet.

Upacara memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad itu terasa menjadi istimewa, karena sehari kemudian umat Kristiani merayakan hari Natal.

Di Sparkhill, ratusan umat Muslim berparade sembari berpegangan tangan, sehingga jalanan penuh orang dan kendaraan macet dan sebagian dialihkan ke jalan lain, demikian laporan Burmingham Mail seperti disiarkan kembali oleh mirror.co.uk, Jumat.

Ratusan umat yang melakukan pawai itu, mengawali perjalanan mereka dari Masjid Mehre Millat di Shakespeare Street, kemudian berkunjung ke beberapa masjid yang dilalui mereka, lantas kembali berjalan beriringan dengan tertib.

Hari lahir Nabi Muhammad yang dikenal dengan sebulan Eid Milad ul-Nabi  (Maulid Nabi) , jatuh pada tanggal 12 Rabi’ al-awwal, bulan penanggalan Islam.

Jatuhnya hari penanggalan bulan Islam ini berubah-ubah tiap tahun, karena almanak  Islam merupakan kalender Lunar.

Pada tahun lalu, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada 14 Januari sedangkan pada 2016 pada 12 Desember.

Di Inggris, umat Muslim menandai Maulid Nabi dengan menjalankan ibadah puasa, solat berjamaah dan mengadakan semacam pertemuan atau konferensi.

Perayaannya juga ditandai dengan pengajian, kuliah umum, pidato, membacakan puisi agama serta nyanyian agama, umumnya tentang kehidupan Nabi Muhammad serta gaya hidupnya di masa lalu.

Maulid Nabi amat penting dalam kehidupan umat Islam, sebagai momen mempelajari dan merefleksikan kehidupan Nabi yang patut dicontoh di masa lalu.

Maulid Nabi dan hari Natal bukanlah hari libur umum di Inggris, tetapi pengusaha Muslim umumnya menutup toko mereka, demikian pula dengan berbagai organisasi lainnya.

Nabi Muhammad lahir sekitar tahun 570 (kalender Gregorian). Pamannya mengasuh bocah Muhammad ketika kedua orangtuanya meninggal. Nabi Muhammad SAW mulai mengembangkan Islam ketika ia berusia 40 tahun dan meninggal ketika berusia 63 tahun, karena sakit.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru