Monday, September 16, 2019
Home > Berita > Partai Demokrat Diajak Berkoalisi Dengan Anies-Sandiaga

Partai Demokrat Diajak Berkoalisi Dengan Anies-Sandiaga

Pilkada DKI 2017. (poskotanews)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Ketua tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Nachrowi Ramli, menyatakan partai pengusung Anies Bawedan-Sandiaga Uno menawari partainya berkoalisi untuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

“Iya (sudah ada tawaran dari Gerindra). Kita pelajari dulu,” kata Nachrowi di Jakarta, Rabu malam.

Nachrowi mengatakan, Partai Demokrat terlebih dulu akan mempelajari visi-misi kedua pasangan calon, yang diyakini akan melanjutkan ke putaran kedua, sebelum memutuskan berkoalisi.

Ia menjelaskan, untuk berkoalisi, visi-misi pasangan calon itu harus sejalan dengan Demokrat.

“Kalau kita berkoalisi dengan salah satu pasangan calon, dari dua yang ada, maka yang penting visi misinya itu harus sejalan,” katanya.

Nachrowi mengatakan, Demokrat akan mengajak tiga partai pengusung Agus-Sylvi lainnya –PPP, PKB dan PAN– untuk membedah visi misi pasangan calon baik nomor urut dua maupun nomor urut tiga.

Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan pasangan nonor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno memperoleh suara yang membuat keduanya maju ke putaran kedua.

Sedangkan perolehan suara Agus-Sylvi tertinggal dari kedua pasangan sehingga pasangan ini mengakui kekalahannya.

Komentar Agus

Calon gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono menyatakan menerima kekalahannya dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017, menyusul hasil hitung cepat yang dirilis sejumlah lembaga survei.

“Secara kesatria dan dengan lapang dada saya terima kekalahan saya dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta,” kata Agus dalam konferensi pers tanpa tanya jawab di Wisma Proklamasi, Jakarta, Rabu malam.

Agus mengatakan seperti halnya kompetisi lainnya, pasti ada pihak yang menang dan kalah, pasti ada suka dan duka. Seluruhnya menurut Agus, adalah realitas kehidupan.

Dia mengakui selama kampanye dirinya sering kali menolak berandai-andai jika dirinya mengalami kekalahan. Hal itu lantaran dirinya tidak memiliki prinsip kalah sebelum perjuangan berakhir.

Dia juga enggan menurunkan semangat dan moril dari tim pemenangan, relawan, simpatisan serta seluruh warga Jakarta yang selama ini mendukung.

“Tapi hari ini tentu berbeda. Sekali lagi saya sampaikan secara kesatria dan dengan lapang dada saya terima kekalahan saya dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta,” kata Agus.

Agus juga turut mengucapkan selamat kepada pasangan calon nomor dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, serta pasangan nomor tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yang maju ke putaran kedua pemilihan gubernur Jakarta.

“Tadi saya sudah telepon langsung bapak Basuki, saya juga sudah coba hubungi bapak Anies dan bapak Sandi tapi beliau berdua masih ada kegiatan. Tapi sekali lagi tujuan kami adalah ingin mengucapkan selamat atas pencapaian mereka,” kata Agus.

Agus mewakili Sylviana Murni dan segenap tim pemenangan mendoakan siapapun yang terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta dapat sukses menjalankan tugas-tugasnya.

Dia berharap calon terpilih dapat memimpin rakyat Jakarta secara adil dan bijaksana serta penuh cinta dan kasih sayang.

“Saya mohon maaf karena belum bisa memenuhi harapan pendukung dan konstituen. Insyaallah semua ada hikmahnya. Allah SWT, Tuhan YME belum mengijinkan saya menjadi pemimpin Jakarta, saya meyakini rencana dan keputusan Allah selalu benar dan selalu lebih baik dari rencana manusia,” kata Agus.

Pada bagian akhir pernyataannya, Agus menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga, khususnya Anissa Pohan selaku istri dan Aira selaku putrinya. Agus juga berterima kasih kepada empat partai yakni Demokrat, PPP, PKB dan PAN yang telah mengusung dirinya sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

“Saya sekali lagi mohon maaf apabila dalam keseharian saya selama ini ada tutur kata perilaku yang kurang berkenan. Semua kekurangan tentu dari saya pribadi, tapi jika ada yang baik tentu semua dari Allah,” kata Agus.  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru