Sunday, July 05, 2020
Home > Berita > Panglima TNI Akan Jaga Keamanan Demo Dengan Tangan Kosong

Panglima TNI Akan Jaga Keamanan Demo Dengan Tangan Kosong

Panglima TNI Gatot Nurmantyo. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan, para prajurit akan menjaga keamanan dengan bertangan kosong bila ada unjuk rasa.

“Saya perintahkan prajurit saya untuk tidak bersenjata. Apabila ada kelompok yang akan jihad dengan senjata, akan kami lawan dengan tangan kosong. Saya akan perintahkan rampas senjata (pengunjuk rasa). Dengan begitu kami tidak langgar HAM,” kata Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, di Jakarta, Senin.

Dia katakan itu di Markas Besar Kepolisian Indonesia, seusai bertemu dengan Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Nurmantyo menegaskan perintahnya kepada personel TNI mengantisipasi demonstrani di Jakarta pada 25 November dan 2 Desember 2016.

Menurut dia, para prajurit TNI akan menghadapi para pengunjuk rasa dengan tangan kosong. Hal itu untuk menghindari tudingan TNI melanggar HAM ketika dalam menghadapi demonstrasi yang berujung anarkis.

“Saya yakinkan prajurit saya dimana pun sudah siap dan bersama dengan kepolisian menjaga keamanan ketertiban dan melindungi semua masyarakat,” ujarnya.

Ia mencurigai ada pihak-pihak yang memiliki kepentingan tertentu dalam demonstrasi.  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru