Thursday, February 20, 2020
Home > Berita > Pabrik Pengolahan Oli Bekas Meledak, 6 Karyawan Melepuh

Pabrik Pengolahan Oli Bekas Meledak, 6 Karyawan Melepuh

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Probolinggo) – Sebanyak 6 karyawan tubuhnya melepuh akibat pabrik pengolahan oli bekas milik PT Berdikari Jaya Bersama, di Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, Jawa Timur meledak.

Korban dibawa ke RSD Mohammad Saleh, Kota Probolinggo, karena rata-rata sekujur tubuhnya melepuh.

Jumari, karyawan selamat dari ledakan, Selasa (27/12) mengatakan, 6 korban saat ledakan terjadi berada di sekitar tanki. Tidak diketahui pasti apakah ledakan ditimbulkan akibat tutup tanki dibuka.

“Tiba-tiba meledak, enam karyawan di sini terluka bakar. Saat kejadian para karyawan lari ke luar pabrik,” tambah Jumari.

Yuwie Santoso, pemilik pabrik mengaku, saat tanki meledak, korban membuka tutup tanki dengan cara digerenda, hingga terjadi percikan api dan meledak.

“Mesin reaktor pemanas yang meledak. Ini kesalahan karyawan saya tidak sesuai SOP, mesin sudah mati, ada baut yang rusak. Di mesin grenda ada percikan api, langsung menyambar mesin reaktor,” jelasnya.

Petugas Satreskrim Polres Probolinggo Kota tengah menyelidiki ledakan tersebut. Jika ada unsur kelalaian, tidak menutup kemungkinan pemilik pabrik akan diperiksa.

Korban luka, Mohamad Imron, 27, warga Desa Jorongan, Leces, Mohamad Alwi, 19, warga Sukapura, Imam Sauri, 24, warga Leces, Samsul Hari, 35, Jl Cokroaminoto Kota Probolinggo, Hasbahul Huda, 24, warga Mayangan Kota Probolinggo, dan Nur M Choirul, warga Jl Sunan Ampel Jrebeng, Kota Probolinggo. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru