Saturday, December 14, 2019
Home > Hukum > Pabrik Es Beracun Produksi 2.500 Balok/hari Ke Jakarta

Pabrik Es Beracun Produksi 2.500 Balok/hari Ke Jakarta

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta)-Pabrik es beracun produksi 2.500 Balok/hari ke Jakarta. PT Elsa Utama, perusahaan di Cakung, Jakarta Timur, yang memproduksi es batu mengandung zat berbahaya, mendistribusikan produksinya ke seluruh Jakarta.
Menurut Kapolsek Setiabudhi, Ajun Komisaris Besar Audi Latuheru, Jumat (27/3/2015),polisi  mendapatkan catatan daftar wilayah distribusi es balok tersebut. “Dari daftar distribusi tersebut es balok itu dikirim ke wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Barat dan Selatan,” kata Audi.

Pabrik Es Beracun Produksi 2.500 Balok/hari Ke Jakarta

Pabrik balok es di Jalan Rawa Gelam nomor 2, Kawasan Industri Pulogadung (KIP), Cakung, Jakarta Timur, bisa memproduksi ribuan balok es. “Sehari rata-rata bisa sampai 2.500 balok es,” kata seorang karyawan pabrik. Jumat (27/3/2015). Petugas sekuriti lain mengatakan, pelanggannya beragam, mulai dari agen-agen kecil sampai pelanggan besar. Pelanggan besar biasanya adalah kontraktor bangunan.
Bisanya, kontraktor bangunan berlangganan memesan pada akhir pekan, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Audi menambahkan, tidak menutup kemungkinan ada korban lain di wilayah Jakarta. PT Elsa Utama memproduksi es balok sejak tahun 2000 dengan air yang diambil dari Kalimalang. Zat-zat kimia berbahaya itu digunakan untuk menjernihkan air.

Penyelidikan kasus ini berawal dari informasi ada warga yang mengeluh sakit perut akibat makanan. Berdasarkan penyelidikan, diketahui bahwa yang mengandung zat berbahaya adalah kaporit, tawas, soda api, dan antifoam.

Sampai saat ini polisi menangkap dua orang, yakni AL (55) yang merupakan penanggung jawab pabrik, dan DDN (55), yang mendistribusikan es tersebut. (ais)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru