Monday, April 22, 2019
Home > Berita > OTT Anggota DPR dari Golkar Bowo Sidik Pangarso, KPK Sita 84 Kardus Berisi Uang Rp 8 Miliar

OTT Anggota DPR dari Golkar Bowo Sidik Pangarso, KPK Sita 84 Kardus Berisi Uang Rp 8 Miliar

KPK tunjukkan barang bukti OTT Pupuk. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – KPK menyita 400.000 amplop yang dimasukkan dalam 84 kardus. Nominalnya diperkirakan mencapai Rp 8 miliar. Barang bukti ini diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso (BSP).

Penemuan uang tersebut bermula dari kecurigaan tim penindakan lembaga antirasuah usai menangkap Bowo. Alhasil, usai membawa Bowo ke Gedung KPK, tim penindakan kemudian kembali turun dan menemukan uang-uang yang diduga sudah diterima Bowo sebelumnya.

“Karena diduga penerimaan-penerimaan sebelumnya disimpan di sebuah lokasi di Jakarta, maka tim bergerak menuju sebuah kantor di Jakarta untuk mengamankan uang sekitar Rp 8 miliar dalam pecahan Rp 20.000 dan Rp 50.000 yang telah dimasukkan dalam amplop-amplop pada 84 kardus,” ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/3).

Selain menemukan uang-uang dalam amplop tersebut, tim penindakan juga mengamankan uang Rp 89,4 juta yang diduga akan diberikan ke Bowo dari Marketing Manager PT. Humpuss Transportasi Kimia (PT. HTK) Asty Winasty melalui pihak swasta bernama Indung.

“Dari tangan IND (Indung), tim mengamankan uang yang disimpan di amplop coklat tersebut,” kata Basaria.

Basaria mengatakan, uang sebesar Rp 89,4 juta diduga merupakan penerimaan yang ketujuh. “Diduga sebelumnya telah terjadi 6 (enam) kali penerimaan di berbagai tempat seperti Rumah Sakit, Hotel dan Kantor PT. HTK sejumlah Rp 221 juta dan USD 85,130,” kata Basaria. (M/d) .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru