Thursday, January 23, 2020
Home > Berita > Nigeria Belum Beruntung, Ditekuk Kroasia 0-2

Nigeria Belum Beruntung, Ditekuk Kroasia 0-2

Laga Nigeria melawan Kroasia. (reuters)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Rusia) – Nigeria belum beruntung, dalam laga pertama babak penyisihan Grup D Sepakbola Piala Dunia Rusia ditekuk Kroasia 0-2 di Kaliningrad Stadium, Rusia, Minggu (17/6) dinihari WIB.

Tiga poin ini membuat Kroasia sangat diuntungkan karena sebelumnya Argentina dan Islandia hanya mampu bermain imbang.

Dengan demikian di Grup D, Kroasia berhak di peringkat teratas sementara klasemen karena memiliki tiga poin, Argentina dan Islandia di bawahnya masing-masing memiliki satu poin dan Nigeria paling bawah.

Kedua gol Kroasia tercipta akibat gol bunuh diri Etebo menit ke-32 dan gol Luca Modric menit ke-72 lewat titik penalti.

Menariknya, Nigeria kebobolan di Piala Dunia di Brasil tahun 2014, juga karena gol bunuh diri ketika Joseph Yobo salah mengantisipasi bola yang membuatnya masuk ke gawangnya sendiri menghadapi Prancis di babak 16 besar.

Menghadapi Nigeria, Kroasia tampil lebih dominan sejak menit awal. Mario Mandžukić, Luca Modric dan Ivan Rakitic jadi bintang Kroasia mengobrak abrik wakil dari Afrika itu,
Sebetulnya Nigeria juga tidak kalah meyakinkan.

Kroasia nyaris unggul menit ke-13 ketika Ivan Perisic mendapatkan umpan dari Mandzukic, sayang tembakan belum memenuhi sasara justru Perisic nyaris menabrak tiang gawang .

Setelah terus menggempung pertahanan Nigeria, akhirnya menit ke-32, Kroasia berhasil memecahkan kebuntuae. Ivan Perisic dan Mandzukic berhasil menyambut umpan tendangan penjuru dari sisi kanan oleh Luka Modric, namun Etobo yang mencoba menghalau bola justru berbelok arah dan mengecoh kiper Francis Uzoho. Hanya satu gol yang tercipta di babak pertama.

Memasuki babak kedua, gantian Nigeria mengancam Kroasia seperti lewat tandukan Odion Ighalo, meski belum mengubah papan skor.

Namu Kroasia yang bertabur bintang ini akhirnya mampu menggandakan keunggulan ketika Mandzukic di kotak penalti Nigeria dijatuhkan William Troost-Ekong menit ke-72. Wasit menunjuk titik putin dan Modric yang maju sebagai algojo, menjalankan tugasnya secara sempurna untuk mencetak gol debut di Piala Dunia, dengan mengecoh Uzoho.

Usaha Nigeria menekan pada menit ke-77 juga belum membuahkan hasil. Tendangan Kelechi Iheanacho dari jarak dekat masih menyamping.

Pada masa injury time, Kroasia mengancam lewat Mateo Kovacic. Tapi, Francis Uzoho bisa melakukan penyelamatan gemilang. Hingga pertandingan bubar tak ada gol tambahan, Kroasia menang dengan skor 2-0.

Di laga berikutnya, Kamis mendatang, Kroasia akan menghadapi Messi cs, sementara Nigeria di hari berikutnya akan ditantang sang debutan Piala Dunia, Islandia.

Tentu laga Kroasia melawan Argentina bakal seru. Argentina wajib menang jika ingin lolos dari penyisihan Grup D. Sedangkan bila Kroasia berhasil menang dipastikan mereka lolos ke babak 16 besar.

Sementara itu Nigeria dan Islandia juga harus bertarung hidup dan mati. Jika Islandia menang otomatis Nigeria bakal tersingkir.

DENMARK-PERU 1-0

Tim ‘Dinamit’ Denmark berhasil mengawali laga perdana mereka di fase Grup C Piala Dunia 2018 demgan raihan tiga angka usai mengalahkan Peru 1-0 di Mordovia-Arena, Minggu (17/6) dinihari WIB.

Adalah Yusuf Yurary Poulsen yang menjadi pahlawan krmenangan Denmark di babak kedua setelah sempat membuat kesalahan di babak pertama.

Dengan kemenangan itu, Denmark berhasil memepet Prancis untuk menduduki posisi teratas Grup C. Baik Denmark dan Prancis sama-sama mengoleksi tiga poin. Namun Prancis lebih unggul produktifitas gol setelah menang 2-1 atas Australia pada laga sebelumnya. Sementara Peru harus puas berada di dua tim terbawah tanpa angka.

ARGENTINA-ISLANDIA 1-1

Berbeda dengan Cristiano Ronaldo yang mampu jadi bintang Portugal meski bermain imbang 3-3 lawan Spanyol, Lionel Messi ternyata bermain buruk ketika membela Argentina saat menghadapi Islandia yang juga berakhir 1-1,

Jika Ronaldo berhasil mencetak tiga gol ke gawang Spanyol, Messi justru sebaliknya, tidak mencetak gol bahkan tendangan penaltinya juga gagal.

Pada laga penyisihan Grup D Piala Dunia Rusia di Otkrytiye Arena, Sabtu (16/6) malam WIB, sebetulnya Argentina unggul lebih dahulu lewat gol Sergio Aguero menit ke-19 namun mampu dubalas Islandia menit ke-23 lewat gol Finnbogason.

Tentu hasil ini jauh dari harapan melihat lawannya adalah Islandia yang tentu peringkatnya jauh di bawah Argentina. (i/dir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru