Thursday, September 19, 2019
Home > Berita > Nato Sumbang Dua Poin, Sean Kurang Beruntung pada Race 2 Red Bull Ring

Nato Sumbang Dua Poin, Sean Kurang Beruntung pada Race 2 Red Bull Ring

Pebalap Jagonya Ayam dari tim Arden Pertamina sedang beraksi di kejuaraan F2 di Red Bull Ring di Spielberg, Austria, Minggu. (mimbar-rakyat.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Spielberg) – Dua pebalap tim Pertamina Arden kembali tampil mengesankan pada balapan Sprint Formula 2 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (9/7), ketika Norman Nato finis ketujuh dan menyumbang dua poin, sedangkan Sean Gelael yang sempat terlempar ke posisi 18, mampu finis di posisi ke-11.

Berbeda dengan balapan Feature pada hari Sabtu yang berlangsung mulus, pada balapan Sprint justru banyak pebalap yang telibat insiden bahkan sejak start. Pebalap Trident Racing, Raffale Marciello langsung tersingkir dari balapan setelah menabrak mobil pebalap tim Rapax, Nyck De Vries yang tidak bergerak sesaat setelah start.

Insiden juga terjadi selepas tikungan pertama, ketika mobil Sean Gelael melintir keluar lintasan setelah tersenggol pebalap DAMS Nichola Latifi. Sean, yang pada balapan Feature meraih satu poin dan pada balapan Sprint start dari posisi kesepuluh, sebenarnya memulai balapan dengan bagus. Dia mampu menyodok ke posisi ketujuh, namun, setelah insiden itu, posisi Sean melorot ke posisi ke-18.

Mobil pengaman pun terpaksa masuk lintasan. Para pebalap dipandu dan harus melewati area pit stop untuk menghindar lintasan start. Beberapa petugas sirkuit masih sibuk mengamankan mobil Marciello dan membersihkan sisa puing yang ada di lintasan.

Setelah kondisi lintasan aman, balapan dianjutkan. Namun hanya beberapa putaran, insiden kembali terjadi. Kali ini melibatkan pimpinan klasemen pebalap, Charles Leclerc. Pebalap tim Prema Racing itu menabrak rekan setimnya Antonio Fuoco, Mobilnya melintir dan berhenti di pinggir lintasan. Leclerc pun harus melupakan balapan.

Sementara itu, – seperti dilaporkan Aswin Rizal Harahap sebagai manajer media Sean Gelael,- Norman Nato yang start dari posisi ke-19 tampil cukup konsisten.

Pebalap asal Perancis ini perlahan merangsek mendekati posisi sepuluh besar. Demikian juga dengan Sean. Pebalap berusia 20 tahun ini bahkan sempat menorehkan waktu tercepat, sebelum dipatahkan pebalap Russian Times, Artem Markelov. Sean menguntit Nato di posisi ke-13.

Memasuki pertengahan balapan, urutan Nato dan Sean naik dua posisi setelah pebalap Rapax Nyck De Vries dan pebalap Campos Racing Robert Visoiu bersenggolan dan keluar lintasan.

Nato, yang pada balapan Feature mengalami masalah teknik dan tak bisa melanjutkan lomba, pada laga Race 2 itu bahkan bisa merangsek ke posisi zona poin delapan besar setelah melewati pebalap Rapax, Sergio Canamasas. Sementara Sean naik ke posisi ke-11.

Di barisan depan, Artem Markelov sudah tak terkejar. Pebalap asal Rusia ini pun mengamankan gelar juara dengan menyentuh finis pertama. Posisi kedua diikuti pebalap ART Grand Prix, Alexander Albon. Sementara posisi ketiga diambil pebalap DAMS, Oliver Rowland.

Nato yang finis di posisi kedelapan, mendapat keuntungan tambahan dengan hukuman penalti lima detik yang diberikan kepada pebalap DAMS Nicholas Latifi.

Pebalap Kanada ini melanggar batas kecepatan saat melintas are pit stop yang dipandu mobil pengaman. Latifi yang finis keenam harus puas mundur ke posisi delapan dan hanya mendapat satu poin. Adapun Nato naik ke posisi ketujuh dan mendapat dua poin.  (ARL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru