Tuesday, December 10, 2019
Home > Olahraga > Napoli Kejutkan Juventus

Napoli Kejutkan Juventus

MIMBAR-RAKYAT.com (Milan) – Gol yang dijaringkan Jose Callejon dan Dries Mertens membawa Napoli menang 2-0 atas juara bertahan Juventus dan menghidupkan persaingan pada perebutan gelar juara Liga Italia, Minggu.

Juventus telah melihat keunggulan 14 angka mereka terpotong pada awal hari ketika AS Roma, di peringkat kedua dengan satu pertandingan yang belum dimainkan, menang 2-0 atas Sassuolo.

Napoli berjuang keras dan menjelang akhir babak pertama yang mereka dominasi, Callejon memecah kebuntuan pada menit ke-37.

Tempo permainan menurun setelah turun minum, namun beberapa saat setelah menggantikan Marek Hamsik, Mertens memaksimalkan umpan Goran Pandev untuk menaklukkan Gianluigi Bufon dengan sepakan dari tepi kotak penalti dan membuat Juventus harus merasakan kekalahan kedua mereka di liga musim ini.

Juve sekarang unggul 11 angka atas Roma di mana Napoli, yang masih mengejar posisi lolos otomatis kedua ke Liga Champions, tetap berada di peringkat ketiga namun tertinggal enam angka dari Roma dan unggul 12 angka dari Fiorentina.

Pelatih Napoli Rafael Benitez berkata kepada Sky Sport Italia, “Selalu ada hal-hal kecil yang dapat kami kembangkan namun secara keseluruhan kami bermain benar-benar baik, meski saya akan suka melihat konsentrasi ini terdapat pula saat melawan tim-tim yang lebih kecil.”

“Namun kuncinya adalah penguasan bola. Bagi Juve sulit untuk menguasai lapangan tanpa memiliki bola, meski memelihara intensitas seperti ini sepanjang musim tidaklah mudah.”
Juve menelan kekalahan pertama mereka saat takluk 2-4 di tangan tuan rumah Fiorentina pada Oktober.

Pelatih Antonio Conte berkata komitmen-komitmen Liga Eruopa timnya mungkin membuat perbedaan.

“Kami tidak bermain baik pada babak pertama, meski kami mengembangkan sesuatu pada babak kedua,” katanya.
“Namun terdapat kaki-kaki yang kelelahan di tim saya, itu tidak terelakkan ketika Anda bermain setiap tiga hari dan tidak mampu merotasi karena cedera-cedera,” tambahnya.
Penyerang Gonzalo Higuain kembali ke tim inti Napoli setelah diistirahatkan ketika mereka menang 4-2 di markas Catania pada tengah pekan, sedangkan Pablo Daniel Osvaldo menggantikan Carlos Tevez yang terkena skors untuk berduet dengan Fernando Llorente di lini depan Juve.

Bagaimanapun, statistik-statistik yang ada semua mengunggulkan Juventus, yang tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhirnya dengan Napoli dan membuat tuan rumah hanya mampu mencetak satu gol dari empat pertandingan terakhir mereka.

Napoli berupaya menekan sejak awal di mana Buffon harus melakukan penyelamatan dengan mengandalkan refleksnya pada menit ketujuh untuk menggagalkan peluang Callejon dari jarak dekat, dan pemain Spanyol itu kembali menguji sang kiper pada menit ke-30 ketika ia mendapat umpan tarik Lorenzo Insigne setelah peluang itu disia-siakan Higuain.

Juve tidak banyak mengancam gawang Pepe Reina dan tidak lama sebelum turun minum Kwadwo Asamoah memainkan peran pemain bertahan, dan Callejon membayangi gelandang Ghana ini untuk menyambar umpan silang Insigne dan menaklukkan Buffon dari jarak dekat.

Di bagian lain dari lapangan, tendangan bicycle kick dari Osvaldo masih melayang di atas mistar gawang.

Asamoah digantikan Mauricio Isla pada menit kedelapan setelah babak kedua dimulai, dan pemain Chile itu nyaris memberikan perbedaan ketika ia mengendalikan bola dengan baik di sisi kanan untuk menydorkan umpan silang kepada Osvaldo, namun Reina masih mampu memblok bola yang mengancam gawangnya.

Pada menit ke-60, Hamsik mendapat tendangan bebas ketika ia dilanggar Leonardo Bonucci di tepi kotak penalti, dan sekali lagi Juve harus berterima kasih kepada Buffon yang mampu menepis upaya Faouzi Ghoulam.

Conte mencoba memperbaiki keadaan ketika ia menggantikan Paul Pogba dengan Claudio Marchisio, dan beberapa menit kemudian Osvaldo digantikan Mirko Vucinic.

Vucinic hanya perlu menunggu beberapa saat sebelum melepaskan tembakan ke gawang ketika ia mendapat umpan pendek dari Arturo Vidal di tepi kotak penalti, namun sepakan melengkungnya masih melebar.

Dengan kaki-kaki yang sudah lelah, Higuain meninggalkan lapangan untuk digantikan Goran Pandev pada menit ke-73, dan Napoli harus berterima kasih kepada Ghoulam ketika ia berlari untuk memblok Isla saat pemain Juve itu siap melepaskan tembakan menyusul umpan terobosan Vucinic.

Di sisi lain Hamsik mendapat umpan dari Pandev, namun Buffon tidak memiliki masalah untuk menahan tembakan pemain Slovakia itu dari tepi kotak penalti.

Hamsik digantikan Mertens pada menit ke-78, dan beberapa saat kemudian pemain Belgia itu tidak melakukan kesalahan ketika Pandev mengiriminya umpan untuk diteruskan dengan menaklukkan Buffon dari sudut sempit.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru