Thursday, September 19, 2019
Home > Berita > Napi Teroris Dimasukkan Lapas Batu, Besi dan Pasir Putih di Nusakambangan

Napi Teroris Dimasukkan Lapas Batu, Besi dan Pasir Putih di Nusakambangan

Lapas Nusakambangan. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Ditjen Pemasyarakatan (Pas) mengantisipasi cepat dampak yang diakibatkan kerusuhan yang terjadi di Cabang Rutan Salemba, yang bertempat di Mako Brimob.

Berdasarkan arahan Menteri Hukum dan HAM, ke-145 narapidana (Napi) teroris dimasukkan ke tiga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), di Nusakambangan, yakni Lapas Batu, Lapas Besi dan Lapas Pasir Putih.

Sri Puguh Budi Utami, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Jumat (11/5) mengatakan, dalam pelaksanaan pemindahan bekerjasama dengan Mako Brimob, Densus 88, BNPT, Polri, TNI, dan Ditjenpas serta Kantor Wilayah Jawa Tengah.

Dia mengatakan, mereka akan ditempatkan di hunian kamar one man one cell, dengan pengamanan maksimal.

“Sistem perlakuan, pembinaan dan pengamanan akan diterapkan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang berlaku. ”

Utami menyatakan kesiapan jajaran Pas , khususnya Lapas di Nusakambangan terhadap kedatangan 145 narapidana teroris pindahan dari Cabang Rutan Salemba, Mako Brimob.
Kapasitas yang memadai dan petugas pemasyarakatan yang telah dilatih dan diassesment untuk kebutuhan mengamankan dan membina narapidana teroris.

Meskipun, menurutnya tidak lepas dari bantuan dan kerjasama dari pihak pihak terkait, seperti BNPT, TNI dan Polri dan pihak terkait lainnya.

“Mohon doanya agar pelaksanaan pemindahan dan penempatan hingga nanti pelaksanaan pengamanan dan pembinaan mereka selama di Nusakambangan berjalan lancar,” pungkas Utami. (iwan/dir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru