Monday, October 21, 2019
Home > Berita > Mundurnya Setya Novanto Jadi Berita Internasional

Mundurnya Setya Novanto Jadi Berita Internasional

Setya Novanto mundur sebagai ketua DPR-RI. (tempo.co)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Mundurnya Setya Novanto dari jabatannya sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu malam, menjadi berita internasional di berbagai media asing dan dengan judul dan pendalaman materi yang beragam. 

Kantor Berita Reuters menurunkan berita dengan judul “Indonesian speaker of the house resigns amid ethics probe -party official”.

Teras kedua Reuters seperti berikut, “Setya Novanto has resigned as speaker of the house but he still remains a member of parliament,” Fahmi Idris, a senior Golkar official, told Reuters by phone.  Novanto is also a member of the Golkar party.

Judul berita di abc.com seperti ini, “Indonesia corruption scandal: Speaker Setya Novanto resigns after extortion allegations”.

Pada laman cnbc.com yang melansir berita dari kantor berita AP, menurunkan berita ketua DPR itu dengan judul “Indonesia house leader resigns over Freeport extortion claim.”

Sedangkan dalam laman straitstimes.com, dengan judul besar, turun berita “Indonesia parliament Speaker Setya Novanto resigns over alleged kickbacks.”

Berita dalam media asing itu beragam, ada yang hanya dalam beberapa alinea tapi ada juga yang membuat pendalaman materi, dikaitkan dengan skandal “minta saham” pada Freeport, tambang emas terbesar dunia yang ada di Indonesia.

Surat pengunduran diri Novanto disampaikan kepada Mahkamah Kehormatan Dewan, Rabu (16/12/2015) malam.

“Surat pengunduran diri sudah diterima (pimpinan MKD),” kata anggota MKD dari Fraksi PAN, Sukiman, Rabu malam.

Setya Novanto mundur setelah terjerat kasus dugaan pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla demi mendapatkan keuntungan saham dari PT Freeport Indonesia.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru