Monday, December 16, 2019
Home > Berita > Mudik Gratis Lebaran, Kemenhub Siapkan 1.130 Bus

Mudik Gratis Lebaran, Kemenhub Siapkan 1.130 Bus

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Sebanyak 1.130 bus dan 70 truk disiapkan Kemenhub guna mengangkut pemudik Lebaran 2018 secara gratis.

Sejak seminggu lalu telah dibuka pendaftaran mudik gratis tujuan 32 kota untuk pemudik dan 9 kota tujuan pengiriman sepeda motor.

Kemenhub, Sabtu (31/3) menyebutkan, pemberangkatan dan penyerahan untuk sepeda motor yang mudik gratis dimulai pada tanggal 7 dan 8 Juni di kantor Bulog Divre 1 Kelapa Gading Jakarta.

Pada hari yang sama juga dilakukan pemberangkatan bus untuk orangnya atau pemilik kendaraan dengan lokasi antara lain di Monas tanggal 9-13 Juni 2018, Kantor Pemkab Tangerang tanggal 10 Juni 2018, terminal Jatijajar Depok tanggal 11 Juni 2018 dan Kawasan Jababeka Cikarang pada 12 Juni 2018.

Sedangkan jadwal arus balik dijadwalkan penyerahan dan pemberangkatan motor tanggal 20 – 21 Juni 2018 dan keberangkatan Bus tanggal 22 Juni 2018.

Pemberangkatan arus balik ke Jakarta dari kota Semarang, kota Solo, kota Jogyakart dan kota Purwokerto. Pengambilan motor arus balik di museum purna bhakti pertiwi taman mini Indonesia Indah (TMII).

Sedangkan dari Jakarta rencananya 32 kota tujuan yakni ke kota Padang, Kota Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya, Garut. Banjar,Yogyakarta, Wonosari, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang.

Selain itu ke kota Solo, Sragen, Klaten, Temanggung, Wonosobo, Cilacap, Purwokerto, Magelang, Kebumen, Wonogiri, Madiun, Salatiga, Boyolali, Demak, Kudus, Blora, Pati, Jepara, Purwodadi.

Sedangkan 9 kota tujuan pengiriman sepeda motor yakni Tegal, Purwokerto, Kebumen, Wonosobo, Semarang, Yogyakarta, Magelang, Solo, Wonogiri.

Pernyaratan untuk mudik gratis hanya menunjukan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga saja. Bagi yang bawa motor ditambah STNK dan SIM C.

Pendaftaran bisa mendatangi Kementerian Perhubungan, Dishub Kabupaten Tangerang, Dishub Kota Depok, Dishub Kota Bogor, Dishub Kabupaten Bekasi dan GOR Bulungan Blok M Jakarta Selatan. Posisi dokumen dalam keadaan masih berlaku. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru