Friday, October 18, 2019
Home > Berita > Misi Dubes Al Hamar Prioritaskan Hubungan Ekonomi RI – Qatar

Misi Dubes Al Hamar Prioritaskan Hubungan Ekonomi RI – Qatar

Ilustrasi - RI dan Qatar tingkatkan hubungan ekonomi lewat Dubes Al Hamar. (qna.org.qa)

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Duta Besar Qatar untuk Indonesia, YM. Ahmad Bin Jassim Mohammed Ali Al-Hamar, akan memprioritaskan misinya untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan investasi RI-Qatar.

Demikian salah satu hasil pertemuan Duta Besar Qatar untuk Indonesia, Dubes Ahmad Al-Hamar,  ketika melakukan pertemuan dengan Dubes RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi yang didampingi oleh Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Doha, Zaenur Rofid,  pada 13 September 2016.

Selain itu, Dubes Al-Hamar juga akan memperkuat hubungan diplomatik kedua negara. “Hubungan RI-Qatar sangat baik dan bersahabat namun akan terus mengupayakan peningkatan hubungan tersebut melalui kerjasama di bidang agama Islam dan budaya,” ujar Dubes Al Hamar.

Terkait dengan kawasan, Qatar juga akan memperkuat hubungan Qatar dengan ASEAN.

Menurut rencana ia akan tiba di Jakarta untuk melaksanakan tugasnya karena telah memperoleh persetujuan dari pemerintah Indonesia dan akan segera dilantik sebagai Dubes oleh Emir Qatar. Dubes Ahmad Al Hamar menggantikan Dubes Mohammad Khater Al Khater yang telah berakhir masa tugasnya pada September lalu dan ditugaskan menjadi Dubes Qatar untuk India yang berkedudukan di New Delhi.

Menurut Dubes Basri, pertemuannya dengan Dubes Al Hamar dalam rangka silaturahmi perayaan Hari Raya Idul Adha sekaligus guna memperkuat koordinasi antar kedutaan kedua negara guna meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara.

“Kita akan melakukan sinergi dengan Dubes Al-Hamar guna meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi, dan menambah jumlah wisatawan asing ke Indonesia,” papar anggota DPR tersebut. Ditambahkannya, misi tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo ketika berkunjung ke Qatar, pada 14-15 September 2015 yaitu memprioritaskan diplomasi ekonomi dalam hubungan kedua negara.

Menurut Minister Counsellor KBRI Doha, B. Dharmawan, Dubes Al Hamar merupakan Dubes senior yang memperoleh peringkat super Ambassador dan memiliki kriteria sebagai Dubes yang sangat mumpuni. Sebelum menjadi bertugas sebagai Dubes Qatar di Jakarta, Ahmad Al Hamar adalah Duta Besar Qatar untuk Republik Federal Nepal.

Kepiawaian dan pengalamannya dalam berdiplomasi Al Hamar memperoleh promosi sebagai Super Ambassador dan diganjar dengan reward menjadi Duta Besar di Indonesia. Prestasi tersebut merupakan capaian tersendiri bagi seorang Duta Besar di Qatar dan tidak mudah bagi seorang Dubes memperoleh peringkat Super Ambassador.

Al Hamar juga memiliki profesi di bidang pers dan pernah berkarir di Kantor Berita Nasional Qatar, Qatar National Agency (QNA) sebelum menjadi Dubes Qatar di Nepal. Pengalaman tersebut merupakan nilai tersendiri dalam mempromosikan hubungan diplomasi RI-Qatar. Pengalaman ini diharapkan akan memudahkan peningkatan hubungan kerjasama RI-Qatar untuk lebih terekspose melalui kedekatannya dengan media Indonesia.  (BD/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru