Saturday, December 14, 2019
Home > Berita > Meski Kalah Jepang Lolos Wakili Asia, Kolombia Pulangkan Senegal

Meski Kalah Jepang Lolos Wakili Asia, Kolombia Pulangkan Senegal

Jepang bergembira lolos ke 16 besar. (reuters)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Rusia) – Meski kalah, Tim Jepang tetap lolos ke 16 mewakili Benua Asia. Jepang ditekuk Polandia 0-1 dalam laga pamungkas Grup H Piala Dunia 2018, di Volgograd Arena, Rusia, Kamis (28/6) malam WIB.

Jepang lolos karena pada pertandingan lain, antara Senegal kontra Kolombia berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Kolombia. Dengan demikian, Kolombia menjadi pemuncak klasemen akhir dengan poin 6 dan Jepang berada di posisi runner up dengan poin 4.

Nilai yang sama dengan Jepang sebetulnya juga dimiliki Senegal. Hanya saja, Jepang dianggap lebih pantas mengisi peringkat dua karena Jepang unggul soal nilai fair play, dimana Shinji Okazaki dan kawan-kawan baru mengoleksi empat kartu kuning, sementara Senegal enam.

Dalam laga melawan Polandia, Jepang yang mengincar tiket ke 16 besar, berupaya menguasai permainan sejak awal. Namun, serangan yang dibangun Jepang di menit-menit awal masih belum berbuah gol karena disiplinnya barisan pertahanan Polandia.

Malahan, saat asyik menyerang, Jepang nyaris kebobolan di menit ke-5. Gaku Shibasaki salah memberikan umpan dan hampir terjadi blunder. Beruntung bagi Jepang, umpan Piotr Zielinski yang bermaksud diarahkan ke Robert Lewandowski masih bisa dimentahkan benteng pertahanan Jepang.

Menit ke-12, Jepang mendapat peluang emas melalui kerja sama yang dibangun Yoshinori Muto dan Yuto Nagatomo. Umpan silang dilepaskan ke jantung pertahanan Polandia. Namun, Shinji Okazaki yang mendapatkan umpan tersebut gagal menyundulnya dengan baik. Bola sundulannya masih melebar ke kanan gawang Lukasz Fabianski.

Samurai Biru terus mendominasi. Mereka tak henti-hentinya menggempur pertahanan Polandia. Namun, tak ada satupun serangannya yang membuahkan hasil.

Polandia yang mendapatkan peluang bagus pada menit ke-32 juga gagal mengubah kedudukan. Sundulan Kamil Grosicki ke pojok gawang Jepang masih bisa ditepis kiper Jepang, Eiji Kawashima tepat di garis gawang. Pada akhirnya babak pertama pun berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

Memasuki babak kedua, defender Polandia Jan Bednarek membuat Jepang ketar-ketir. Gol yang dicetaknya di menit 59 membuat Polandia sementara unggul 1-0 atas Jepang.

Berawal dari tendangan bebas Rafal Kurzawa yang melesak masuk ke jantung pertahanan Jepang, Bednarek tanpa ragu langsung melepaskan tendangan voli.

Tendangan keras Bednarek tak dapat dihalau kiper Eiji Kawashima. Para pemain Jepang pun hanya bisa melongo melihat Polandia bersukacita atas gol perdana mereka di Piala Dunia 2018.

Jepang pun berupaya menyeimbangkan kedudukan. Namun serangan yang diluncurkan tak ada satupun yang berbuah gol. Bahkan Polandia nyaris mennggandakan keunggulan. Namun, pada akhirnya skor tetap 1-0 untuk keunggulan Polandia.

Hasil ini sekaligus membuat Jepang menjadi satu-satunya wakil Asia di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Pada babak gugur itu, Jepang akan berhadapan dengan juara Grup G yang masih akan diperebutkan oleh Inggris dan Belgia dini hari nanti.

KOLOMBIA vs SENEGAL 1-0

Kolombia melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2018, Kamis (28/6) setelah Yere Mina mencetak gol tunggal ke gawang Senegal.

Kemenangan ini juga membuat Kolombia menjadi pemuncak klasmen dengan nilai enam dari dia kali menang sekali kalah. Kekalahan ini juga membuat Senegal tersingkir padahal nilainya sama dengan Jepang yaitu empat yang juga kalah 1-0 dari Polandia.

Hanya saja Jepang diuntungkan dengan jumlah kartu kuning yang mereka terima lebih sedikit dari Senegal. Jepang menerima empat kartu kuning Senegal enam.

Sejak awal, kedua tim saling serang demi membuat peluang. Bahkan Senegal cenderung agresif.

Pelanggaran pertama terjadi di menit 11 saat Falcao dijatuhkan dua pemain lawan yang berupaya menghentikannya. Tak lama, Cuadrado mengalaminya.

Menit 18 Mane dilanggar di kotak terlarang. Sontak wasit Milorad Mazic menunjuk titik putih.

Namun tayangan ulang dengan teknologi VAR membuat wasit asal Serbia itu pun membatalkan keputusannya.

Laga berlanjut. Tekanan Kolombia meningkat. Mane sempat mengancam namun tembakannya bisa diblok kiper Ndiaye. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Keluar dari ruang ganti, Kolombia kian menekan. Ancaman antara lain datang dari Cuadrado juga Falcao dan Muriel.

Namun pertahanan ketat Senegal begitu rapat. Serangan Kolombia tak juga mengubah keadaan.

Menit 75, Kolombia mendapat sepak pojok yang diambil oleh Quintero. Bola langsung disambut Mina dengan tandukan yang tak bisa dihalau kiper NDiaye. Kolombia unggul 1-0.

Tertinggal, Senegal berupaya membalas. Pasukan Aliou Cisse ini berbalik menekan. Tapi tembakan tak juga mengarah gawang Ospina.

Menit 78, Mane meneruskan tendangan sudut yang mengenai Mina dan bola mengarah ke gawang Ospina. Tapi kiper Kolombia ini bisa mengamankan gawangnya.

Perlahan, Kolombia kembali mendominasi. Skuat Jose Pekerman seolah tak puas dengan hanya menciptakan satu gol.

Wasit memberi tambahan waktu 5 menit. Tapi tak afa gol tambahan yang tercipta. Kolombia tetap menang dengan 1-0. (i/dir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru