Friday, May 29, 2020
Home > Berita > Merebak Antraks di Kulonprogo, Pasar Hewan di Purwakarta Disidak Kepala Disnakan

Merebak Antraks di Kulonprogo, Pasar Hewan di Purwakarta Disidak Kepala Disnakan

Kepala Disnakan Purwakarta, Ita W memeriksa kesehatan sapi di pasar hewan. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Purwakarta) – Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Kadisnakan) Purwakarta sidak ke Pasar Ingon Ingon Ciwareng, menyusul merebaknya kasus antraks di Kulonprogo.

“Pasar hewan di Purwakarta ini, setiap Senin sesuai SOP selalu diperiksa administrasi dan fisik hewannya. Ketika hewan datang, dicek dari mana asalnya dan bagaimana kondisi fisiknya,” kata Kepala Disnakan Purwakarta, drh. Ita Wuryasturati, kemarin.

Apabila saat pemeriksaan secara fisik didapati ciri atau sesuatu hal, maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan lainnya sesuai SOP.

“Hewan langsung dipindahkan ke kandang karantina untuk ditindaklanjuti. Namun apabila lolos pemeriksaan fisik, bisa langsung masuk ke daerah pemasaran,” jelasnya.

Ita memastikan, Purwakarta aman dari penyebaran Antraks. “Alhamdulillah sampai saat ini Purwakarta aman. Kita memang memiliki riwayat pernah terserang wabah Antraks di Ciparungsari tahun 90-an dengan jumlah fantastis,” ujarnya.

“Sementara yang terjadi di Kulonprogo, terjadi kasus terhadap manusia sementara hewannya negatif Antraks. Karena itu saat ini sedang dilakukan investigasi menyeluruh,” ujarnya.

Ita menyebutkan, meski sejauh ini di Purwakarta belum ditemukan penyakit Antraks, namun proses pengiriman masih terus dipantau. “Hewan yang masuk ke Purwakarta bukan berasal dari Kulonprogo,” pungkasnya. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru