Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Menyambut Ramadhan, Pemprov DKI Datangkan Ribuan Sapi dari NTT dan Impor dari Australia-Selandia Baru

Menyambut Ramadhan, Pemprov DKI Datangkan Ribuan Sapi dari NTT dan Impor dari Australia-Selandia Baru

Sapi dari NTT diangkut ke Jakarta pakai kapal. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Pemprov DKI Jakarta mendatangkan ribuan ekor sapi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain itu, pemerintah juga mengimpor daging beku dari Australia dan Selandia Baru (New Zealand) dalam upaya mengendalikan harga daging menyambut Ramadhan,

Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono menyatakan, melakukan berbagai antisipasi menghadapi lonjakan harga yang biasa terjadi di bulan puasa. “Kami akan mendatangkan ribuan ekor sapi dari peternakan di Kupang, NTT,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (18/3).

Hewan ternak tersebut akan dipotong secara bertahap dan dagingnya didistribusikan ke seluruh pasar tradisional, termasuk program daging murah bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar  (KJP).

Pemprov DKI Jakarta telah memerintahkan salah satu BUMD-nya yakni PD Dharma Jaya untuk mendatangkan ribuan ekor sapi dari Kupang, NTT, termasuk impor dari Australi dan Selabdia Baru.

Sebelumnya, Direktur Utama PD Dharma Jaya, Marina Ratna Dwi Kusumawati mengatakan, pihaknya telah mendatangkan sebanyak 250 ekor sapi. “Untuk seterusnya kami akan mendrop sapi dari Kupang untuk mengendalikan harga daging sapi,” papar Marina.

Secara total di sepanjang tahun 2017, sambung Marina, pihaknya mendatangkan sekitar 5 ribu ekor sapi. Pengedropan sapi ini secara garis besar dibagi dalam dua kelompok yakni bulan suci Ramadhan/Lebaran dan Liburan Natal dan Tahun Baru.

“Karena pada kedua momen itu biasanya dijadikan ajang spekulan untuk memainkan harga sehingga daging sapi bisa tembus sampai Rp 180 ribu/kg,” paparnya.

Pada hari biasa, harga daging sapi sekitar Rp100 ribu, namun pada hari besar melonjak hampir dua kali lipat. Untuk membantu warga miskis agar tidak terdampak oleh kenaikan harga tersebut, maka pihaknya akan terus mendatangkan hewan ternak dalam jumlah cukup besar. “Nanti distribusinya meilbatkan PD Pasar Jaya,” jelas Marina. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru