Wednesday, October 23, 2019
Home > Berita > Menpora Berharap DPR Setujui Dukungan Rp100M Untuk Rio

Menpora Berharap DPR Setujui Dukungan Rp100M Untuk Rio

Rio Haryanto.

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Nasib calon pebalap F1 pertama Indonesia, Rio Haryanto, masih terkatung-katung, karena dana yang dibutuhkan masih belum cukup dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi berharap DPR menyetujui dana Rp100 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan agar pemuda dari Solo itu dapat melaju di ajang laga jet darat itu. 

“Kami juga sedang berusaha meyakinkan parlemen agar dana Rp100 miliar yang pernah kami usulkan bisa disetujui di APBNP,” kata Menpora usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres di Jakarta, Rabu

Ia memastikan putra Sinyo Haryanto itu dapat berlaga di sirkuit F1 dan untuk itu diharapkan dukunga n semua pihak termasuk para pengusaha untuk membantu agar Rio bisa berlaga di F1.

“Kita berharap Rio dapat balapan penuh satu musim karena Rio memiliki potensi besar,” katanya.

Terkait usul Kemenpora untuk membantu membiayai sebesar Rp100 miliar, menurut dia hanya masalah waktu karena saat ini belum masuk pada pembahasan APBN Perubahan.

“Kami mendengar baik di parlemen maupun masyarakat bahwa tidak semuanya memberikan apresiasi, ada yang mengkritik juga kenapa Kemenpora menganggarkan dana untuk Rio padahal masih banyak kebutuhan lain,” katanya.

Namun selama dalam rangka merah putih dan menggemakan merah putih di seluruh penjuru dunia, menurut Imam tidak menjadi persoalan karena pasti akan ada efek positif yang akan berimbas untuk bangsa.

Sebelumnya, Rio Haryanto dan manajemennya bertemu dengan pengusaha nasional Sandiaga Uno untuk meminta dukungan dana karena untuk bisa tampil di Formula 1 dengan Tim Manor Racing membutuhkan 15 juta euro. Dana awal yang harus dibayarkan sebesar tiga juta euro.

Menurut pengakuan manajemen Rio Haryanto, uang muka tiga juta euro sudah dibayar. Namun, informasi yang berkembang uang muka yang harus dibayarkan oleh pebalap asal Solo itu naik menjadi 5,5 juta euro karena melampaui batas yang telah ditetapkan.

Dengan kondisi tersebut, Rio Haryanto terus berupaya mencari dukungan dana dari pihak lain karena pada 22 Februari latihan Formula 1 di Barcelona Spanyol telah dilakukan. Apalagi dana dari pemerintah dan Pertamina belum cair.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berdasarkan kesepakatan akan memberikan dukungan Rp100 miliar. Hanya saja pencairannya masih terkendala birokrasi. Begitu juga dana Pertamina 5,2 juta euro yang belum cair.

Posisi Rio Haryanto di Tim Manor Racing terbilang cukup rawan karena satu dari dua kursi yang diperebutkan telah diisi oleh pebalap lain. Saat ini tinggal satu kursi yang akan diperebutkan oleh tiga pebalap.  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru