Monday, October 21, 2019
Home > Nasional > Mendikbud : Presiden Akan Buka WCF

Mendikbud : Presiden Akan Buka WCF

Mimbar Rakyat ( Nusa Dua, Bali) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka secara langsung pertemuan budaya tingkat dunia atau World Cultur Forum (WCF) di Nusa Dua, Bali.

“Presiden akan membuka langsung kegiatan yang baru pertama kali ini diadakan,” ujar Mohammad Nuh di Nusa Dua, Bali, Senin.

Pada Minggu malam, kata Nuh, Presiden SBY telah menyambut kehadiran para peserta WCF dalam makan malam bersama di Kompleks Pusat Budaya Bali Garuda Wisnu Kencana (GWK).

“Forum ini diikuti perwakilan dari 40 negara dan diisi oleh forum diskusi dan seminar serta dialog antarbudaya.”

Mendikbud menambahkan WCF bertujuan mempromosikan budaya tidak hanya sebagai elemen konektivitas sosial tetapi juga sebagai salah satu pendukung  penting untuk memperkuat globalisasi.

Melalui diskusi antarbudaya, kata Mendikbud, memiliki potensi untuk menciptakan sesuatu yang tidak layak menjadi layak.

“Budaya juga bisa menjadi perekat dunia karena sifatnya yang lintas agama, ras, dan negara, serta bisa menghubungkan yang tak terhubung menjadi terhubung.”
Pada WCF yang dilangsungkan 24 hingga 27 November, katanya, diharapkan bisa menjadi salah satu bagian dari transformasi peradaban baru.

Nuh menambahkan penyelenggaraan WCF 2013 diharapkan menghasilkan “Bali Promise” yang berisi arah kebijakan baru yang menempatkan kebudayaan sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan, kerangka kerja etik untuk memastikan keterlibatan komunitas dan pemangku kebijakan.(loe)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru