Friday, May 29, 2020
Home > Berita > Mendagri: Atasi Banjir dan Kemacetan DKI Perlu Bersinergi dengan Wilayah Lain

Mendagri: Atasi Banjir dan Kemacetan DKI Perlu Bersinergi dengan Wilayah Lain

Mendagri Tjahjo Kumolo membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta, Rabu (29/3), di Balaikota Jakarta. (foto: kemendagri.go.id)

Mendagri Tjahjo Kumolo membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta, Rabu (29/3), di Balaikota Jakarta. (foto: kemendagri.go.id)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Untuk mengatasi banjir dan kemacetan di Ibukota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hendaknya bersinergi dengan wilayah lain, misalnya dengan Tangerang, Bekasi, Depok, dan daerah-daerah yang berada dekat dengan DKI.

Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta, Senin (29/3), di Balaikota Jakarta. Upaya mengatasi banjir dan kemecaetan merupakan contoh yang dapat dilakukan DKI bersinergi dengan daerah lain.

“DKI kalau mau sukses juga harus bersinergi dengan Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Depok (dalam) mengatasi banjir, mengatasi kemacetan dan sebagainya,” kata Tjahjo, seperti dilaporkan http://www.kemendagri.go.id.
Mendagri juga menyarankan pemda DKI Jakarta perlu bekerja sama dengan daerah-daerah yang ada di sekitar DKI Jakarta, untuk berbagai kepentigan. Menurut dia Musrenbang ini sebagai momentum untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di daerah.

Dia juga mengingatakan daerah untuk membangun konektivitas dan sinergitas dengan seluruh pihak termasuk dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Jika berbicara tentang pemerintah daerah menurut Tjahjo tak hanya sekedar dari gubernur hingga kepala desanya, namun juga ada sinkornisasi antara TNI dan Polri.

“Setiap kebijakan politik pembangunan di DKI harus dirembuk bersama pemerintah daerah dengan DPRD, harus melibatkan Forkompimda sekecil apapun itu, kemudian TNI, kejaksaan, Polri juga harus sinkron dengan baik,” ujar Mendagri.***(eank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru