Thursday, December 12, 2019
Home > Berita > Mendag dan Mentan Bersama Gubernur DKI Djarot Pantau Harga Beras dan Sembako Jelang Lebaran

Mendag dan Mentan Bersama Gubernur DKI Djarot Pantau Harga Beras dan Sembako Jelang Lebaran

Pemerintah pantau harga beras di Pasar Induk Cipinang. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Menjelang hari raya Idul Fitri, pemerintah memantau harga pangan agar tetap terkendali.  Dua menteri beserta Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, turun tangan mengecek harga beras di pasar Induk Beras, Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu (17/6), dan juga sembako di Pasar Induk Kramatajati.

Dua menteri tersebut adalah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Kemudian, ketiga pejabat tinggi itu berkunjung ke Pasar Induk Beras, dan nantinya akan mengecek harga juga ke Pasar Induk Kramatjati, dan Rumah Potong Hewan.

Langkah itu dilakukan untuk memantau harga berbagai komoditas pangan. “Karena, begitu DKI kekurangan pasokan, seluruh Indonesia akan terjadi gejolak. Kalau DKI aman, tidak ada gejolak,” kata menteri pertanian Arman Suleman, Sabtu (17/6).

Menurut Amran, pasar-pasar induk di Ibukota adalah parameter harga bahan pangan di seluruh Indonesia. Sehingga pemantauan harus terus dilakukan sehingga bila terjadi kenaikan bisa langsung ditangani.

“Seperti di food station ini, yang harus dicek untuk  menjaga keseimbangan harga. Dengan kerja sama bersama pemerintah DKI, sampai dengan hari ini semua harga terkendali,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat mengaku, untuk stok beras di Pasar Induk Cipinang mencapai 39.767 ton. Angka itu berada dibatas amannya di atas 30 ribu ton. “Sementara stok gula di gudang food station mencapai 432 ton dan minyak goreng 442 ribu liter,” ujarnya.

Djarot menuturkan, pada bulan puasa ini, harga kebutuhan pokok di DKI relatif stabil. Hal ini, menurut dia, berbeda dengan tahun lalu karena antisipasi belum dilakukan lebih mendalam.

“Ini karena kerja sama kuat pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Di Jakarta, masyarakat bisa cek perkembangan harga pasar di websita info pangan Jakarta,” tukasnya. (Ifand/win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru