Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Meksiko: Pembangunan Dinding Perbatasan AS Sebagai Tindakan ‘Bermusuhan’

Meksiko: Pembangunan Dinding Perbatasan AS Sebagai Tindakan ‘Bermusuhan’

Anggota patroli perbatasan AS ketika melakukan pengawasan di perbatasan AS-Meksiko, di Otay Mesa, Kalifornia, 21 April lalu. (Foto: AFP/Arab News)

Anggota patroli perbatasan AS ketika melakukan pengawasan di perbatasan AS-Meksiko, di Otay Mesa, Kalifornia, 21 April lalu. (Foto: AFP/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Kota Meksiko) – Sekretaris hubungan luar negeri Meksiko menyatakan rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk membangun tembok perbatasan sebagai tindakan yang “tidak bersahabat dan bermusuhan”.

Rencana AS itu dikatakannya sebagai “ide buruk” yang tidak akan meraih hasil apapun. Namun di pihak lain Trump telah berulang kali menegaskan bahwa dia akan meminta tetangga AS (Meksiko-Red) membayar untuk membangun tembok perbatasan kedua Negara itu.

Menurut laporan Arab News, Rabu (26/4), mengutip kantor berita Associated Press, Menteri Luar Negeri Meksiko Luis Videgaray dalam menanggapi itu, mengulangi sikap negaranya dalam sebuah pertemuan dengan legislator, bahwa Meksiko tidak akan membayar sepeser pun untuk itu.

Sebelumnya Trump telah meminta agar Kongres memberikan dana untuk memulai membangun tembok tersebut, namun Senin lalu dia memberi isyarat bahwa dia tidak terlalu mendesak, dengan mengatakan bahwa dia mungkin akan menunggu sampai September untuk mendapatkan dana tersebut.Sedang Videgaray mengatakan bahwa pemerintah Meksiko akan mempertimbangkan untuk mengurangi kerja sama keamanan dengan Amerika Serikat jika pembicaraan mengenai masalah imigrasi dan perdagangan tidak berjalan dengan baik.

“Jika negosiasi mengenai tema lain – imigrasi, perbatasan, perdagangan – tidak memuaskan kepentingan Meksiko, kita harus meninjau kembali kerjasama kita yang ada,” kata Videgaray. “Ini terutama bila terkait di wilayah keamanan … dan itu melibatkan agen imigrasi nasional, polisi federal dan tentu saja, angkatan bersenjata.”

Meksiko saat ini bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam memerangi kartel narkoba dan bentuk kejahatan transnasional lainnya.

Videgaray juga mengatakan bahwa pemerintah Meksiko mempertimbangkan untuk mengenakan biaya pada orang Amerika yang memasuki negara tersebut.

Ditanya oleh seorang legislator apakah Meksiko mempertimbangkan untuk menerapkan persyaratan visa untuk orang Amerika, dia menjawab: “Kami dapat menjajaki – tidak harus visa, yang dapat menghalangi banyak orang untuk datang ke Meksiko,” katanya.***(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru