Saturday, June 06, 2020
Home > Berita > Mekah Diguyur Hujan, Suhu Udara Turun Menjadi 37 Derajat

Mekah Diguyur Hujan, Suhu Udara Turun Menjadi 37 Derajat

Genangan air hujan di jalanan Mekah. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Mekah) – Kota Mekah, Arab Saudi diguyur hujan. Meski tidak lebat dan hanya sebentar, namun gerimis pada hari itu meninggalkan genangan.

Hujan gerimis mulai turun pada pukul pukul 17:05 waktu Arab Saudi (WAS), Senin. Walau sebentar, hujan cukup memberi keteduhan di tengah teriknya musim panas di Kota kelahiran Nabi Muhammad SAW ini. Saat turun hujan, suhu udara terpantau 37 derajat dengan kelembapan 42%. Suhu tersebut hampir sama dengan cuaca normal di Tanah Air.

Maklum, Arab Saudi saat ini berada dalam musim panas. Cuaca terik dan angin panas berhembus sejak pertengahan Juli 2017. Bahkan, suhu udara sempat menyentuh 50 derajat pada Minggu lalu.

Momen turun hujan ini tampak disambut panitia haji Daker Makah. Tidak sedikit dari mereka yang menadahkan tangan menikmati rintik air jatuh dari langit. Tak lupa mereka mengabadikan situasi langka tersebut dengan kamera smartphone.

Hujan tidak berlangsung lama, hanya sekira 30 menit. Langit Makah sempat gelap tertutup awan mendung dan petir sesekali berbunyi. Aroma tanah basah akibat gerimis pun semerbak.

Meski demikian, Kepala Daker Makkah Nasrullah Jasam mengimbau jemaah untuk tetap mengantisipasi cuaca panas Kota Makah. Caranya adalah dengan selalu menggunakan pelindungan kepala, masker, kacamata hitam dan semprotan air wajah agar terhindar dari dehidrasi.

Saat ini jemaah dari Indonesia sudah memadati Madinah dan mengerjakan Salat Arbain di Mesjid Nabawi. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru