Wednesday, February 26, 2020
Home > Olahraga > Manchester City Juara Liga Utama Inggris

Manchester City Juara Liga Utama Inggris

MIMBAR-RAKYAT.com (London) – Manchester City memastikan diri menyandang gelar Liga Utama Inggris kedua dalam tiga musim melalui kemenangan 2-0 atas West Ham United di Stadion Etihad, Minggu.

City secara efektif hanya memerlukan satu angka untuk meraih gelar juara dengan mengungguli Liverpool, namun gol pada tiap babak dari Samir Nasri dan Vincent Kompany memastikan mereka menuntaskan misi dengan sempurna.

Kemenangan ini membuat City mengoleksi 102 gol – kurang satu gol dari rekor Liga Utama Inggris yang ditorehkan pada 2009/2010 – dan membuat Manuel Pellegrini menjadi pelatih non Eropa pertama yang memenangi gelar kompetisi strata tertinggi Inggris.

Liverpool, yang memuncaki klasemen dengan tiga pertandingan tersisa, finis dua angka di bawah City di peringkat kedua setelah bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 atas tamunya Newcastle United, yang harus kehilangan Shola Ameobi dan Paul Dummett karena mendapat kartu merah.

David Silva, Sergio Aguero, dan Aleksandar Kolarov menghadirkan ancaman untuk City sebelum Nasri membawa mereka unggul pada menit ke-39, setelah ia mendapat operan dari Yaya Toure dan melepaskan tembakan dari jarak 21 meter menuju sudut kiri bawah.

Penyerang West Ham Andy Carroll membelokkan tembakan dari Silva menuju tiang balok menjelang babak pertama usai, sebelum Kompany menggandakan keunggulan City pada awal babak kedua dengan memanfaatkan tendangan sudut.

Pendukung tuan rumah merayakannya dengan tarian “Poznan” – gerakan melompat-lompat sambil membelakangi lapangan – dan kemudian membanjiri lapangan saat peluit panjang berbunyi.

Liverpool menuju pertandingan terakhir mereka musim ini dengan harapan tipis untuk memenangi gelar liga perdana sejak 1990, namun mereka tertinggal terlebih dahulu pada menit ke-20 ketika Martin Skrtel membelokkan umpan silan Yoan Goufrann menuju gawangnya sendiri.

Bagaimanapun, gol-gol Daniel Agger dan Daniel Sturridge, yang keduanya melepaskan sepakan voli menyambut tendangan bebas Steven Gerrard, membalikkan keadaan dalam rentang waktu dua menit pada babak kedua.

Gol yang dibukukan Agger merupakan gol ke-100 Liverpool di liga dan membuat ini menjadi musim pertama di kompetisi strata tertinggi Inggris, di mana dua tim menorehkan pencapaian gol itu sejak 1960/1961.

United absen
Tottenham Hotspur mengamankan tiket terakhir Liga Europa dengan menghancurkan Aston Villa 3-0 melalui sepakan Paulinho, gol bunuh diri Nathan Baker, dan penalti Emmanuel Adebayor, ketiganya tercipta sebelum turun minum.

Kemenangan Spurs membuat Manchester United tidak akan bermain di kompetisi Eropa untuk musim depan, pertama kalinya sejak 1989/1990.

United bermain imbang 1-1 di markas Southampton pada pertandingan terakhir Ryan Giggs sebagai pelatih sementara, yang membuat juara musim lalu ini finis dengan tertinggal 22 angka dari rival sekota City di peringkat ketujuh setelah menjalani musim yang buruk.

Kapten United Nemanja Vidic, yang memainkan pertandingan terakhirnya untuk klub, mengalami pendarahan pada hidungnya ketika Rickie Lambert membuat tuan rumah memimpin pada menit ke-28.

Juan Mata menyamakan kedudukan untuk United melalui tendangan bebasnya pada awal babak kedua.

Norwich City dipastikan terdegradasi setelah mereka kalah 0-2 dari Arsenal, meski mereka secara praktis telah dipastikan bergabung dengan Fulhamm dan Cardiff City di Championship.

Sepakan voli Aaron Ramsey pada menit ke-53 membawa Arsenal memimpin, di mana Carl Jenkinson menambahi gol kedua beberapa saat kemudian.

Lawan Arsenal di Piala FA Hull City menyelesaikan musim dengan kalah 0-2 dari tim peringkat kelima Everton, yang unggul melalui gol-gol sumbangan James McCarthy dan Romelu Lukaku.

Sementara itu, tim peringkat ketiga Chelsea, bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 atas tim yang dipastikan terdegradasi Cardiff, melalui gol Andre Schurrle dan Fernando Torres setelah Craig Bellamy sempat membawa klub Wales itu memimpin.

Ashley Cole, yang kontraknya akan habis, menjadi kapten Chelsea pada pertandingan yang mungkin menjadi penampilan terakhirnya.
Di tempat lain, Swansea City merusak pesta Sunderland yang berhasil lolos dari degradasi dengan menang 3-1 di Stadium of Light, sedangkan Stoke City menang 2-1 di markas West Bromwich Albion dan Fulham bermain imbang 2-2 dengan Crystal Palace.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru