Sunday, August 18, 2019
Home > Berita > Lubang Makam Pertama Keluar Air, Digali Lubang Lain Untuk Makam KH Hasyim Muzadi

Lubang Makam Pertama Keluar Air, Digali Lubang Lain Untuk Makam KH Hasyim Muzadi

Lubang makam pertama yang digali keluar air, digali makam lain. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Depok) – Dalam lubang untuk pemakaman KH Hasyim Muzadi di Pesantren Al Hikam, Kota Depok mengeluarkan air. Kondisi itu membuat keluarga menggali lubang lain untuk lokasi lain pemakaman mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama tersebut.

Awalnya, lubang makam telah digali sejumlah santri di pinggir gedung Sekolah Tinggi Kulliyatul Quran di area Pesantren Al Hikam, Kukusan, Beji, Kota Depok. Namun, saat digali hingga ketinggian sekitar satu meter keluar air.

‎”Ini air tidak bau, tetapi wangi, wangi bau melati,” kata Jumhur, warga yang ikut menggali makam untuk Hasyim. Selain itu, Jumhur menuturkan, air yang keluar bening.

Keluarnya air di makam Hasyim membuat pihak kelurga menyiapkan alternatif lokasi liang lahad baru yang masih berada di area pesantren. Lubang makam tersebut berada di samping Mesjid Pesantren Al Hikam.

Sugiyono, pengurus Pesantren Al Hikam mengatakan, pilihan lokasi pemakaman diserahkan kepada pihak keluarga yang masih dalam perjalanan dari Malang ke Depok, Kamis (16/3).

Menurut Sugiyono, KH Hasyim sendiri yang memilih lokasi pemakamannya semasa hidup. Menurut dia, air muncul karena lokasi lubang makam itu dulunya rawa.

Bahkan, Hasyim pun mengetahui lokasinya yang dipilihnya berpotensi mengeluarkan air. Menurut Sugiyono, Hasyim tak mempermasalahkan jika dimakamkan di area sumber air tersebut.

Dikatakan, pemilihan lokasi pemakaman juga didasarkan luasnya lahan. Rencananya, lahan itu akan dipakai pula untuk pemakaman keluarga. Penyedotan dilakukan untuk mengeluarkan air dari lubang makam. Sedangkan, warga dan santri lain menggali lubang di dekat mesjid. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru