Saturday, April 04, 2020
Home > Olahraga > Liverpool di Puncak Klasemen Liga Inggris

Liverpool di Puncak Klasemen Liga Inggris

MIMBAR-RAKYAT.com (London) – Liverpool mengalahkan Tottenham Hotspur 4-0 di Anfield, Minggu, untuk memuncaki klasemen Liga Utama Inggris dengan enam pertandingan tersisa di musim ini.

Spurs tidak pernah mampu bangkit setelah gol bunuh diri Younes Kaboul di awal pertandingan, di mana sepakan-sepakan lain dari Luis Suarez, Philippe Coutinho, dan Jordan Henderson mengamankan kemenangan kedelapan secara beruntun bagi pasukan Brendan Rodgers.

Kemenangan ini membawa Liverpool unggul dua angka atas pemuncak klasemen sebelumnya Chelsea, yang kalah 0-1 dari Crystal Palace pada Sabtu, dan membuat juara Inggris 18 kali itu berada di jalur untuk memenangi gelar liga Inggris perdana sejak 1990.

Tim peringkat ketiga Manchester City, yang tertinggal empat angka dari Liverpool, memiliki dua pertandingan yang belum dimainkan, namun baik mereka dan Chelsea harus mengunjungi Anfield sebelum musim ini usai.

“Kami telah memenangi delapan pertandingan berturut-turut dan kami akan menikmatinya,” kata pelatih Liverpool Rodgers kepada Sky Sports.

“Ini hanya mengenai kembali ke pekerjaan pada pekan depan dan berikutnya kami memiliki pertandingan berat melawan West Ham,” katanya. 

“Impian adalah untuk para pendukung kami. Mereka ingin memenangi gelar. Itu telah sangat lama, namun itu tidak ada dalam pikiran saya. Kami hanya perlu bersiap dan melakukannya dengan baik dan jika kami melakukannya, kami akan memenangi pertandingan demi pertandingan.”

Tottenham dihancurkan 0-5 oleh Liverpool pada pertandingan pertama yang dimainkan Desember silam, yang memicu pemecatan pelatih Andre Villas-Boas, dan kekalahan Minggu membuat pasukan Tim Sherwood tertinggal delapan angka dari zona empat besar di peringkat keenam.

Liverpool memiliki kebiasaan untuk mencetak gol pada fase awal pertandingan di beberapa pekan terakhir dan itu membuat mereka unggul kurang dari dua menit saat melawan Spurs, di mana Kaboul secara tidak sengaja menyentuh umpan silang mendatar Glen Johnson untuk masuk ke gawangnya sendiri.

Masalah Spurs semakin bertambah dengan cederanya bek tengah Jan Vertonghen dan penggantinya Michael Dawson, berada dalam kondisi tidak beruntung ketika Liverpool mencetak gol kedua pada menit ke-25.

Operan volinya kepada Kaboul membuat Suarez dapat merebut bola dan pemain Uruguay itu berlari menghindari kedua bek tengah Spurs itu, sebelum melepaskan tembakan kaki kiri yang melewati kiper tim tamu Hugo Lloris.

Itu merupakan gol ke-29 Suarez di liga musim ini, melampaui rekor gol klub di Liga Utama Inggris yakni 28 gol yang ditorehkan Robbie Fowler pada 1996.

Liverpool pesta
Roberto Soldado mengancam untuk memperkecil ketinggalan Spurs melalui tembakan melengkung yang dapat digagalkan Simon Mignolet, namun Liverpool mengakhiri babak pertama dengan kepercayaan diri tinggi, di mana Lloris secara brilian menyentuh tandukan Suarez sehingga masih membentur mistar gawang.

Coutinho memperbesar kemenangan Liverpool saat babak kedua memasuki menit ke-10, melepaskan tembakan mendatar ke sudut kiri bawah dari jarak 21 meter.

Henderson menambahi gol keempat pada menit ke-75 melalui tembakan bebas dari sisi kiri, yang mengecoh semua orang dalam perjalanannya menuju gawang, dan membuat para pendukung tuan rumah bernyanyi, “Kami akan memenangi liga.”

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, para pemain pengganti Kevin Mirallas dan Steven Naismith mencetak gol ketika Everton menang 3-1 atas tuan rumah klub juru kunci Fulham, untuk mendekat empat angka dengan zona Liga Champions.

Everton unggul pada menit ke-50 di Craven Cottage, ketika kiper Fulham David Stockdale membelokkan sepakan vli dari Naismith menuju gawangnya sendiri sehingga tercipta gol bunuh diri.

Ashkan Dejagah tampil sebagai pemain pengganti untuk mencetak gol penyama kedudukan bagi Fulham pada menit ke-71, bergerak memotong dari sisi kiri dan melepaskan tembakan yang melesak ke sudut kiri atas.

Mirallas merestorasi keunggulan Everton delapan menit kemudian, berlari mengejar operan sesama pemain pengganti Aiden McGeady dan dengan tenang menaklukkan Stockdale, sebelum Naismith mencetak gol ketiga tim tamu pada menit ke-87.

Kemenangan ini membuat pasukan Roberto Martinez mendekati tim peringkat keempat Arsenal, yang masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan, menjelang pertemuan antara kedua tim itu pada akhir pekan mendatang di Goodison Park.

“Kaki-kaki segar dari para pemain pengganti merupakan alasan kami mendapatkan tiga angka – mereka memberi kami percikan untuk mencetak tiga gol,” kata Martinez.

“Kami akan suka untuk memenangi liga, namun kami memiliki target kami sendiri dan itu adalah akhir musim yang bagus, dan kami berjuang semampu kami untuk dapat berada setinggi mungkin di klasemen.”
Sementara itu, peluang Fulham untuk menghindari degradasi terlihat mengecil, ketika mereka masih tertinggal lima angka dari zona aman dengan enam pertandingan untuk dimainkan.

“Itu adalah pertandingan bagus. Jika kami dapat membawa penampilan ini bersama kami, kami akan menjadikannya bagus,” kata pelatih Fulham Felix Magath, yang memberikan kesempatan untuk tampil sejak menit pertama kepada penyerang Prancis 17 tahun Mousa Dembele.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru