Thursday, February 20, 2020
Home > Berita > Leuwi Jurig, Wisata Baru Menjanjikan di Garut

Leuwi Jurig, Wisata Baru Menjanjikan di Garut

Leuwi Jurig, kawasan wisata baru di Garut. (yat)

MIMBAR-RAKYAT.com (Garut) – Leuwi Jurig yang berada di Rupit Kecamatan Bungbulang, merupakan salah satu obyek wisata baru, yang sebelumnya tidak pernah tersentuh.

Kawasan itu memiliki air bening kehijau-hijauan ini sering dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat.

Namun setelahnya diketahui oleh Disparbud Garut, ternyata sungai yang memiliki “Leuwi” yang panjangnya sekitar 500 meter ini memiliki keindahan yang bisa dijadikan Obyek Wisata unggulan Garut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Garut, Budi Gan Gan didampingi Kabid Pemasaran, Makmun, mengatakan, Leuwi Jurig ini memang pantas untuk dijadikan tempat wisata seperti Grend Canyon Pangandaran.

“Tempat itu sangat indah sekali, dan masih tersembunyi belum banyak orang yang mengetahui.Leuwi merupakan bahasa sunda yang artinya kolam,” kata Budi.

Leuwi Jurig juga kerap disebut dengan nama kolam setan atau Water Ghost oleh wisatawan asing. Menurut Kabid Pemasaran, Makmun.

Leuwi Jurig dipercaya dapat melepaskan ilmu-ilmu hitam yang sengaja dikirim dengan tujuan tidak baik, karena tempat ini cukup erat hubungannya dengan dunia supranatural, katanya.

“Selain itu airnya yang jernih ke hijau hijauan  ini sangat menyegarkan badan bila dipake mandi di siang hari,” katanya.

Budi Gan gan menambahkan, Di Leuwi Jurig kita bisa melihat air nan jernih yang berada di apit batu-batuan raksasa. Air sungai di sini termasuk dangkal dan berwarna jernih kehijauan. Sehingga tidak membahayakan jika berenang pun.

Leuwi Jurig yang berada di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, kedepannya diharapkan dibangun dan amat bagus bila ada cottege atau villa yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.  (Yat R/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru