Sunday, January 19, 2020
Home > Headline > Lee Kuan Yew Sudah Tiada

Lee Kuan Yew Sudah Tiada

Lee Kuan Yew Sudah Tiada

Lee Kuan Yew Sudah Tiada

MIMBAR-RAKYAT.com (Singapura) – Perdana Menteri pertama Singapura Lee Kuan Yew sudah tiada, ia meninggal dunia Senin di Singapore General Hospital pukul 3:18 pagi waktu setempat, demikian diumumkan Pemeritah Singapura, Senin.

Mantan orang paling berpengaruh di Singapura dan namanya dikenal dunia itu, menghembuskan nafas terakhir dalam usia 91 tahun.

Putra Lee Kuan Yew, Perdana Menteri Lee Hsien Loong, dalam pernyataan tertulis seperti disiarkan berbagai kantor berita internasional, Senin, mengatakan, ia “amat berduka mengumumkan kematian tuan Lee Kuan Yew, perdana menteri pendiri Singapura”.

Lee Kuan Yew dirawat di rumah sakit sejak 5 Februari karena menderita pneumonia yang sudah lama dideritanya.

Lee Kuan Yew terpilih menjadi perdana menteri pada 1959 dan kembali terpilih menjadi PM untuk ketujuh kalinya berturut-turut, hingga akhirnya ia mengundurkan diri pada November 1990.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengumumkan kematian ayahnya di laman Facebooknya yang kemudian dibanjiri oleh ucapan turut berbelasungkawa.

Dari markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York diberitakan, Sektretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon mengutarakan duka cita mendalamnya atas berpulangnya Lee Kuan Yew dan menyampaikan belasungkawa untuk keluarga Lee, pemerintah dan rakyat Singapura.

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh juru bicaranya, Ban menyebut Lee sebagai “tokoh legendaris di Asia” yang dihormati secara luas atas kepemimpinan dan kenegarawanannya.

“Selama tiga dekade kepemimpinannya, Lee Kuan Yew berhasil mengantarkan Singapura menuju transisi dari sebuah negara berkembang menjadi salah satu negara paling maju di dunia, serta mengubahnya menjadi simpul bisnis internasional yang berhasil,” tulis Ban.

“Di tengah Singapura merayakan hari kemerdekaan ke-50-nya tahun ini, bapak pendiri bangsanya akan dikenang sebagai salah seorang dari para pemimpin Asia paling inspiratif,” kata Ban.

Sekjen PBB itu menambahkan bahwa dia berterimakasih atas kerjasama yang kuat antara pemerintah Singapura dengan PBB, dan menantikan semakin mendalamnya kemitraan ini. (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru