Friday, May 29, 2020
Home > Berita > Lebih dari 1,9 juta Terpapar Virus Corona di Dunia, 199.500 Meninggal

Lebih dari 1,9 juta Terpapar Virus Corona di Dunia, 199.500 Meninggal

Alun-alun di depan Gedung Opera House Sydney sepi ditinggalkan masyarakat, di tengah kuncian pemerintah di Australia yang telah membantu memperlambat penyebaran virus corona. (Foto:EPA/Al Jazeera)

Alun-alun di depan Gedung Opera House Sydney sepi ditinggalkan masyarakat, di tengah kuncian pemerintah di Australia yang telah membantu memperlambat penyebaran virus corona. (Foto:EPA/Al Jazeera)

mimbar-rayat.com – Sekitar 1,92 juta orang di seluruh dunia kini dipastikan terpapar virus corona baru dan lebih dari 119.500 telah meninggal, sementara hampir 450.000 telah pulih. Demikian menurut data yang diikupulan Universitas Johns Hopkins.

Semmentara jumlah korban tewas di negara bagian New York kini  melebihi 10.000.

WHO akan merilis saran strategis terbaru tentang penanggulangan wabah, yang akan mencakup enam kriteria untuk mengangkat pembatasan pergerakan. Demikian dilaporkan Kate Mayberry dan  Usaid Siddiqui untuk Al Jazeera seperti dikutip mimbar-rakyat.com.

Sementara  India telah memperpanjang penutupan secara nasional hingga 3 Mei.

Berikut adalah pembaruan terbaru, Selasa, 14 April:
06:40 GMT – Malaysia menangkap pekerja Myanmmar karena melanggar pembatasan kuncian.
Polisi Malaysia telah menangkap 62 pekerja migran dari Myanmar karena melanggar pembatasan kuncian.  Mereka diduga mengadakan pesta jalanan akhir pekan yang menandai Thingyan, Tahun Baru Buddhis.

“Beberapa mengaku menghadiri acara tersebut dan lebih banyak penangkapan sedang dilakukan untuk melacak tersangka lain yang terlibat. Dua ponsel yang digunakan oleh para tersangka juga telah disita,” kata Wan Kamarul Azran, asisten komisaris polisi Sepang, dekat bandara internasional Kuala Lumpur dan trek reli Formula Satu Malaysia.

Festival Thingyan biasanya berlangsung selama satu minggu, dari konser, pesta jalanan dan pertengkaran air di sebagian besar Myanmar- serta di antara ratusan ribu migran Burma di negara tetangga Thailand dan Malaysia.

06:20 GMT – Bandara Heathrow Inggris melihat permintaan penumpang turun 90 persen pada bulan April. Bandara Heathrow, yang secara tradisional paling sibuk di Eropa, meramalkan bahwa permintaan penumpang akan turun lebih dari 90 persen pada April, karena pembatasan coronavirus menghentikan sebagian besar orang bepergian.

Phak Heathrow mengatakan bahwa jumlah penumpangnya turun 52 persen pada Maret dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dengan banyak dari perjalanan itu dilakukan oleh warga Inggris yang pulang dari luar negeri.

Bandara, yang dimiliki oleh sekelompok investor termasuk Ferrovial Spanyol, Otoritas Investasi Qatar dan China Investment Corp, mengatakan sekarang hanya menggunakan salah satu dari dua landasan pacu, karena penerbangan berlanjut untuk kargo.

05:30 GMT – Heilongjiang menekan orang-orang yang kembali dari Rusia.
Pihak berwenang di provinsi timur laut China, Heilongjiang, telah membuat hotline untuk memberi penghargaan kepada warga karena melaporkan orang yang melintasi perbatasan secara ilegal, setelah lonjakan jumlah kasus virus korona yang diimpor dari Rusia.

Menurut pemberitahuan, orang yang memasok informasi terverifikasi tentang kejahatan lintas batas ilegal akan mendapat 3.000 yuan. Mereka yang menangkap migran ilegal dan menyerahkannya kepada pihak berwenang akan mendapatkan 5.000 yuan.

Rusia telah menjadi sumber terbesar kasus impor Tiongkok, dengan 409 kasus ditemukan berasal dari sana. Milik Global Times milik negara mengatakan dalam editorial warga China harus tetap tinggal di Rusia dan tidak mencoba untuk pulang.

Heilongjiang memiliki 79 kasus baru coronavirus yang diimpor pada hari Senin. Semuanya warga negara China yang melakukan perjalanan pulang dari Rusia, kata media pemerintah, Selasa.

05:10 GMT – Persediaan peralatan medis, dana yang sedang dibahas di pertemuan ASEAN.
Para pemimpin dari sepuluh anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bertemu secara online pada hari Selasa untuk membahas tanggapan negara mereka terhadap virus corona, termasuk diskusi tentang persediaan regional peralatan medis untuk keadaan darurat, dan penciptaan dana regional untuk memerangi pandemi.

“Dalam masa-masa suram inilah solidaritas komunitas ASEAN bersinar seperti suar dalam kegelapan,” kata Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc dalam pidato pembukaan.

Upaya pengendalian telah menempatkan pandemi “benar-benar terkendali,” katanya, memperingatkan terhadap rasa puas diri. Pembicaraan lebih lanjut – Cina, Jepang, dan Korea Selatan – akan berlangsung Selasa malam.

04:50 GMT – Jerman melaporkan kasus pelambatan hari keempat.
Kasus-kasus baru yang dikonfirmasi terus melambat di Jerman, di mana Robert Koch Institute baru saja mengumumkan 2.082  kasus, sehingga total menjadi 125.098. Ini adalah hari penurunan keempat setelah empat hari peningkatan kasus baru. Lebih lanjut 170 orang meninggal karena virus, kata RKI pada hari Selasa.

04:30 GMT – PM India Modi memperpanjang kuncian nasional hingga 3 Mei.
Perdana Menteri India Narendra Modi baru saja mengumumkan bahwa penguncian nasional akan diperpanjang hingga 3 Mei untuk memerangi virus corona.

03:15 GMT – Kesabaran suatu kebajikan: Australia, Selandia Baru bertahan dengan kuncian.
Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan negara itu masih “beberapa minggu lagi” mencabut pembatasan apa pun meskipun ada penurunan tajam dalam kasus coronavirus. “Kesabaran harus menjadi kebajikan kita di sini,” kata Morrison.

Australia mengkonfirmasi 63 infeksi baru pada hari Minggu dan Senin – peningkatan dua hari terendah dalam sebulan – menjadikan total kasusnya menjadi 6.366.

Kasus-kasus di Selandia Baru juga menurun, dengan hanya delapan kasus baru pada hari Selasa – terendah dalam lebih dari tiga minggu.

“Tujuan kami harus berjalan lebih awal dan bekerja keras, sehingga kami dapat mencapai posisi di mana kami dapat meredakan pembatasan dengan percaya diri,” Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, menambahkan bahwa tidak ada tindakan yang akan diambil setidaknya seminggu lagi.

Kedua negara telah menutup perbatasan mereka dengan orang asing dan memberlakukan karantina 14 hari pada penduduk yang kembali.

Selandia Baru telah menerapkan penguncian ketat di rumah sementara Australia memberlakukan pembatasan ketat pada gerakan, pertemuan dan kegiatan publik.

02:55 GMT – Pendekatan militeristik Filipina terhadap pandemi menghukum orang miskin.
Filipina telah mengunci pulau utama Luzon, termasuk ibu kota yang luas, Manila untuk mencoba dan mengekang wabah coronavirus yang sekarang merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Tetapi bagi orang miskin di negara itu, penguncian  telah membuat mereka tanpa makanan atau penghasilan dan berisiko ditahan jika mereka berani menemukan keduanya

02:40 GMT – Asia Tenggara didesak untuk berbuat lebih banyak untuk pengungsi, pekerja migran.
Sekelompok anggota parlemen Asia Tenggara menyerukan kepada pemerintah untuk berbuat lebih banyak untuk membantu pekerja migran dan pengungsi yang tidak hanya kehilangan pekerjaan mereka karena virus corona tetapi juga berisiko lebih besar terpajan dan sakit.

“Karena kondisi kehidupan mereka, situasi kerja atau akses terbatas ke layanan kesehatan, mereka berisiko tinggi terkena virus dan jatuh ke dalam kemiskinan ekstrem,” kata Charles Santiago, seorang anggota parlemen Malaysia dan ketua Parlemen ASEAN untuk Hak Asasi Manusia. “Gambar-gambar terbaru pekerja migran yang bergegas pulang hanya menyoroti bagaimana tindakan yang diambil oleh satu negara sangat mempengaruhi negara lain.”

Kami telah melaporkan situasi bagi ribuan orang dari Myanmar yang tinggal dan bekerja di Thailand, karantina ketat asrama pekerja migran di Singapura dan kekhawatiran yang dihadapi pengungsi dan pencari suaka di Malaysia, yang bukan merupakan penandatangan Konvensi PBB.

02:30 GMT – Korea Selatan melaporkan 27 kasus baru coronavirus.
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan mengatakan, pihaknya membenarkan 27 kasus baru dari virus corona, hari ke-13 berturut-turut dengan kurang dari 100 kasus baru.

Perdana Menteri Korea Selatan Chung Sye-kyun dalam pertemuan anti-virus pada hari Selasa meminta para pejabat untuk memberikan dukungan yang lebih kuat bagi upaya para ilmuwan untuk mengembangkan vaksin dan perawatan untuk virus tersebut, yang menurutnya akan menjadi keuntungan bagi industri biomedis negara it

02:00 GMT – Johns Hopkins merevisi kasus coronavirus lebih rendah.
Johns Hopkins University telah merevisi ke bawah jumlah kasus yang dikonfirmasi dari coronavirus secara global. Sekarang 1,918 juta. Sebelumnya, dikatakan lebih dari dua juta orang di seluruh dunia telah didiagnosis dengan virus.

01:40 GMT – China menyetujui uji coba manusia tahap awal untuk dua vaksin.
China telah menyetujui tes manusia tahap awal untuk dua vaksin eksperimental untuk memerangi virus corona baru, lapor media pemerintah Xinhua pada hari Selasa.

Vaksin sedang dikembangkan oleh unit Sinovac Biotech yang terdaftar di Nasdaq yang berbasis di Beijing, dan oleh Institut Produk Biologi Wuhan, afiliasi dari Grup Farmasi Nasional China milik negara.

Pada bulan Maret, China memberi lampu hijau untuk percobaan klinis lain untuk calon vaksin coronavirus yang dikembangkan oleh Akademi Ilmu Kedokteran Militer China dan perusahaan bioteknologi yang terdaftar di Hong Kong, CanSino Bio

01:00 GMT – Cina melaporkan 89 kasus coronavirus baru.
China telah mengkonfirmasi 89 kasus baru pada 13 April, dibandingkan dengan 108 hari sebelumnya.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan 86 kasus diimpor – banyak dari kasus tersebut datang melalui provinsi timur laut Heilongjiang, yang berbatasan dengan Rusia.

Jumlah total kasus yang dikonfirmasi di China sejak awal wabah sekarang mencapai 82.249 dan jumlah kematian adalah 3.341, tanpa ada kematian baru yang dilaporkan pada 13 April. Semua kedatangan ke China dari luar negeri harus melalui karantina terpusat selama 14 hari.

00:00 GMT – WHO merilis saran baru tentang coronavirus.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan merilis saran strategis terbaru tentang penanggulangan pandemi pada hari Selasa.

Ini akan mencakup panduan bagi pemerintah yang mempertimbangkan untuk mencabut pembatasan yang diberlakukan untuk mengekang penyebaran virus.

Dalam konferensi media pada Senin malam, Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan enam kriteria perlu dipertimbangkan:

22:15 GMT (Senin) – Trump memainkan video bergaya kampanye yang membela tanggapan virus.  Dalam pengarahan koronavirus hariannya, Presiden AS Donald Trump memutar video gaya kampanye membela tanggapannya terhadap pandemi di tengah kritik terhadap penanganan Gedung Putih terhadap krisis.

Trump membantah melihat memo 30 Januari oleh peringatan resmi senior AS tentang puluhan ribu kematian dan kehancuran ekonomi dari coronavirus baru. Dia juga mengklaim dia tidak tahu tentang peringatan intelijen AS yang dilaporkan dibuat pada November tentang infeksi yang berpotensi mengarah pada “peristiwa bencana”.

22:00 GMT (Senin) – Fauci mengatakan Trump mendengarkan saran coronavirus-nya
Pakar kesehatan terkemuka AS, Dr Anthony Fauci, mengatakan Trump memang mendengarkan nasihatnya ketika ia merekomendasikan agar upaya mitigasi diambil untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Fauci membuat komentar setelah mengatakan dalam wawancara terpisah bahwa nyawa bisa diselamatkan jika negara itu ditutup lebih cepat.

Trump me-retweet panggilan untuk memecat Fauci setelah wawancara itu, tetapi Gedung Putih mengatakan pada hari Senin bahwa Trump tidak bermaksud memecatnya.***sumber Al Jazeera, kantor-antor berita, Gogle.(dta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru