Sunday, September 22, 2019
Home > Berita > Lebaran, Ratusan Pasien Puskesmas Mengeluh Sakit Perut

Lebaran, Ratusan Pasien Puskesmas Mengeluh Sakit Perut

Pelayanan di Puskesmas Kebayoran Lama. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Lebaran, Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan melayani sekitar 600 pasien. Mayoritas pasien mengeluh sakit perut, demam, batuk dan pilek.

“Dok, saya minta obat yang bagus ya. Sejak kemarin saya diare dan badan panas dingin,” kata Ulfah,59, warga RW 02 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan saat berobat ke Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Rabu (28/6).

Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Selvy Devita menjelaskan sebagian besar pasien berobat lantaran sakit perut. Makanan bersantan dan pedas yang menjadi menu favorit saat Lebaran memicu keluhan di pencernaan serta diare.

“Seperti pengalaman setiap tahun, pasien yang datang berobat dengan keluhan sakit perut lantaran kebanyakan menyantap makanan bersantan dan pedas. Termasuk juga demam, batuk dan pilek karena istirahatnya kurang, sehingga memengaruhi stamina,” ujar Selvy.

Untuk mengantisipasi membludaknya warga yang sakit saat Idul Fitri, lanjut Selvy, operasional pelayanan kesehatan di puskesmas dan rumah bersalin berlangsung 24 jam dibagi dalam 3 shift.

Khusus shift 1 dan 3 pelayanan oleh tim medis dengan 1 dokter, 1 perawat, 1 sopir ambulance, 1 petugas loket administrasi dan 3 bidan. Sedangkan shift 2 dilayani 2 dokter.

Dia menambahkan layanan di 7 puskesmas kelurahan masing-masing 1 dokter, 1 dokter gigi, 2 perawat, 2 bidan dan 1 petugas di loket administrasi.

Untuk petugas gawat darurat, pihaknya menyebar sejumlah petugas medis di posko kesehatan di terminal, di TPU Tanah Kusir, stasiun dan posko kecamatan. (joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru