Sunday, March 29, 2020
Home > Kota > Lampu Runway Halim Padam Selama 6 Jam

Lampu Runway Halim Padam Selama 6 Jam

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Lampu runway Bandara Halim Perdanakusumah padam  selama 6 jam akibatnya  tiga penerbangan Citilink tertunda. Pengelola Bandara Halim menyatakan telah melakukan perbaikan dan lampu runway sudah menyala sejak dini hari tadi.

“Sudah nyala dari Minggu jam 01.00 WIB tadi,” ujar General Manager Bandara Halim Iwan Krishadianto , Minggu (4/1/2014). “Itu kena air hujan,” kata Iwan Ia menjelaskan yang padam adalah lampu runway sisi selatan. Lampu itu bisa kena air hujan karena memang sedang ada pekerjaan penggantian komponen terkait lampu runway.

Proses perbaikan memakan waktu berjam-jam. Iwan mengaku menunggui langsung proses perbaikan lampu runway tersebut. Dia menjelaskan lampu runway sisi selatan itu padam karena kena air hujan.

“Karena memang sedang ada penggantian, jadi kemungkinan karena pekerjaan itu bisa kena air hujan,” paparnya.

Padamnya lampu runway itu terjadi dari pukul 19.30 WIB hingga dini hari. Pihak Citilink menyebut lampu padam hingga pukul 02.00 WIB dini hari tadi, hingga akhirnya mereka terpaksa membatalkan keberangkatan.

Penerbangan Citilink yang terganggu yaitu jurusan Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, dan Jakarta-Malang. Pagi ini, ketiga penerbangan tersebut sudah diberangkatkan. Ada satu yang melalui bandara Cengkareng, satu lagi via Halim

Pihak maskapai Citilink membenarkan dua pesawatnya batal terbang tadi malam. Citilink mengaku gagal terbangnya bukan karena faktor maskapai melainkan karena faktor eksternal.

“Kita dapat info lampu runway mati, kita sempat tunggu 3 jam tapi masih tidak bisa nyala,” ujar Corporate Secretarry Citilink, Benny Butar-butar, saat dikonfirmasi, Minggu (4/1/2015).

Benny mengatakan pihaknya juga sempat menunggu hingga pukul 02.00 Wib Minggu dinihari. Tetapi lampu landasan tidak hidup juga.

“Kita langsung perintahkan supaya penumpang diberi makan dan diinapkan ke hotel,” ujarnya.
Dua pesawat Citilink yang batal terbang itu rute Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Yogyakarta (Ais)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru