Tuesday, October 22, 2019
Home > Berita > KPT-el Seumur Hidup Tersosialisasikan Hingga RT

KPT-el Seumur Hidup Tersosialisasikan Hingga RT

Mimbar-Rakyat.com (Bekasi) – Surat edaran Mendagri tentang kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang berlaku seumur hidup, telah tersosialisasikan hingga tingkat rukun tetangga/rukun warta (RT/RW).

Surat edaran Nomor 470/295/SJ tanggal 29 Januari 2016 itu sebelumnya ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia. Namun surat yang ditandangani oleh Mendagri Tjahjo Kumolo itu belum diketetahui secara luas oleh masyarakat.

Sebagian besar masyarakat baru mengetahui secara pasti kebenaran berlakunya KTP-el seumur hidup setelah petugas di keluarahan dan RW memperbanyak surat edaran dimaksud dan menempelkannya di kantor-kantor kelurahan dan kantor RW. Dalam edaran disebutkan bahwa KTP elektronik yang dikeluarkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, meski pada KTP tersebut tercantum masa berlaku.

Seperti terlihat di sejumlah kelurahan dan RW di Kota Bekasi beberapa hari terakhir, sejumlah orang terlihat silih berganti membaca surat edaran itu. Dan umumnya mereka baru mengetahui secara pasti ketentuan tersebut, meski surat telah diterbitkaan Mendagri setahun lalu.

“Nah ini baru pasti. Selama ini kan baru katanya, belum ada bukti,” kata Ipul, salah seorang warga kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, setelah membaca surat edaran Mendagri dimaksud yang ditempel di salah satu Sekretariat RW, Jumat (17/2).

Mendagri Tjahjo Kumolo pada tanggal 29 Januari 2016, terkait masa berlaku KTP-el seumur hidup telah mengeluarkan dua surat edaran. Pertama soal KTP Elektronik Berlaku Seumur Hidup yang ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian. Kedua, perilhal KTP-el berlaku seumur hidup yang ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia.

Kedua surat edaran itu merupakan tindak lanjut atas berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.***(eank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru