Tuesday, November 12, 2019
Home > Berita > Korps Sukarelawan PMI Gelar Apel HUT PMI di Ketinggian 2750 MDPL

Korps Sukarelawan PMI Gelar Apel HUT PMI di Ketinggian 2750 MDPL

Apel sukarelawan PMI. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.com (Cianjur) – Sebanyak 100 anggota Korps Sukarelawan (KSR) PMI menggelar apel di Alun-alun Suryakencana, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Cianjur, Minggu (18/9), pagi di ketinggian 2750 mdpl, dalam rangka pendakian bersama KSR untuk memeringati HUT Palang Merah Indonesia 2016.
Awalnya apel peringatan HUT PMI digelar Sabtu (17/9), bertepatan dengan hari dibentuknya PMI 71 tahun silam. 
Hal tersebut urung dilaksanakan karena kondisi alam yang berubah secara drastis. Saat peserta tiba di alun-alun Suryakencana, mereka disambut oleh badai angin di padang seluas 50 hektar itu. 
Sebelum sampai di hamparan pohon edelweis, para peserta apel harus menempuh jarak sejauh enam km dari pos awal jalur pendakian gunung Putri. Perjalanan menanjak itu harus ditempuh dalam waktu sembilan jam.
Endang Supriadi, Pembina Apel peringatan HUT PMI dalam sambutannya mengatakan pendakian berasama sukarelawan PMI tahun ini merupakan bukti nyata bahwa KSR PMI di Provinsi DKI semakin kompak.  
“Kita semua adalah satu, KSR PMI, satu keluarga besar, semoga ke depannya lebih baik, kompak, sukses, tetap berkarya demi aksi kemanusiaan di Indonesia. Selamat Ulang Tahun PMI ke-71, ” kata pria yang kerap disapa Dancup itu. 
Ia menambahkan, tidak mudah mencapai alun-alun Suryakencana yang berada pada ketinggian 2750 mdpl meskipun demikian semangat korsa anggota KSR PMI dapat mengalahkan segala rintangan yang ada.
Sementara itu Efendi Simatupang, penggagas pendakian bersama. mengutarakan rasa harunya atas kegigihan rekan-rekan KSR dan ia berharap kegiatan serupa akan berlanjut setiap tahunnya.
“Rencana tahun depan, kita akan mengibarkan bendera raksasa PMI di Tebing Gunung Bongkok, Purwakarta, pada HUT PMI tahun depan,” kata Fendi.
Ia menambahkan, pendakian bersama ini berawal dari ide beberapa anggota sukarelawan PMI dari pelbagai wilayah di DKI Jakarta seperti Eko Winarto dan Warjono dari PMI Jakarta Pusat, Juni Don Efendi Simatupang dan Yayuk Sutarsih dari PMI Kota Jakarta Utara, Endang Supriadi, Muhammad Asep Wildan dan Irfan Fauzi dari PMI Kota Jakarta Barat, Maeza Angga Rizky dan Ratna Purwita Sari dari PMI Jakarta Selatan, Galih Dwi Sangsoko dari PMI Jakarta Timur, Muhammad Robbani dan Ariep Prasojo dari PMI Kabupaten Kepulauan Seribu.
“Jadi ini adalah aksi spontanitas dari KSR se-DKI Jakarta” ungkap Fendi.
Peringatan HUT PMI bertajuk pendakian bersama Korps Sukarelawan (KSR) itu merupakan ajang silaturahmi KSR yang berasal dari PMI Kota/Kabupaten di Provinsi DKI Jakarta. Pada kegiatan ini turut hadir perwakilan dari PMI Kota Manado dan PMI Kota Tangerang Selatan.
Pada Pendakian bersama KSR ini, PMI Kabupaten Cianjur menyiagakan dua unit ambulans di bumi Perkemahan Mandala Kitri, Cibodas, Jawa Barat. Sementara itu PMI Provinsi DKI Jakarta, PMI Kota Jakarta Pusat, PMI Kota Jakarta Utara, PMI Kota Jakarta Barat, PMI Kota Jakarta Selatan, PMI Kota Jakarta Timur, dan PMI Kabupaten Kepulauan Seribu memfasilitasi dengan menyediakan mobil untuk mengangkut para peserta apel.
Selain itu terdapat Tim Pendukung yang berasal dari Tim Kamera Udara (Drone), FPTI, Imapala Uhamka, Alumni Sabhawana SMA 3 Jakarta, Alumni Repala SMA 73 Jakarta, demikian info dari Satria Loka Widjaya dari PMI Jakbar, yang juga Humas dan Divisi Pusat Pengembangan dan Rekruitmen Donor dan Layanan Transfusi Darah PMI.  (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru