Sunday, July 05, 2020
Home > Berita > Korea Selatan Mengalami Lompatan Tertinggi, Bulgaria Izinkan Restoran, Bar, dan Kafe Buka Kembali

Korea Selatan Mengalami Lompatan Tertinggi, Bulgaria Izinkan Restoran, Bar, dan Kafe Buka Kembali

Orang-orang dengan menggunaan masker berdiri ‘selama satu menit’ setiap hari untuk mengenang para korban virus korona di Madrid. (Foto: Reuters/Al Jazeera)

Orang-orang dengan menggunaan masker berdiri ‘selama satu menit’ setiap hari untuk mengenang para korban virus korona di Madrid. (Foto: Reuters/Al Jazeera)

mimbar-rakyat.com – Spanyol memulai 10 hari berkabung pada hari Rabu (27/5) untuk mengenang lebih dari 27.000 orang yang meninggal karena virus corona. Bendera dikibaran setengah tiang. Sementara sebuah studi baru memperingatkan bahwa Brasil kemungkinan akan mengalami korban tewas 125.000 orang pada awal Agustus.

Korea Selatan telah mengalami lonjakan terbesar dalam kasus virus corona baru dalam 49 hari dengan cluster baru muncul di pusat logistik ritel di sebelah barat Seoul. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mengatakan pihaknya mengkonfirmasi 40 kasus baru hingga tengah malam pada hari Selasa.

Megutip Al Jazeera berdasarkan laporan yang disusun dua reporternya, Kate Mayberry & Farah Najjar, juga disebutkan bahwa  Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan Amerika Serikat (AS)  kemungknan menjadi pusat wabah baru.  Sedang Presiden AS Donald Trump terus menekan negara-negara AS untuk membuka kembali perekonomian

Bulgaria akan mengizinkan restoran, bar, dan kafe untuk dibuka kembali dengan kapasitas penuh pada 1 Juni.

Hampir 5,6 juta kasus coronavirus telah dikonfirmasi di seluruh dunia. Demikian menurut data dari Johns Hopkins University. Lebih dari 350.000 orang meninggal, dan hampir 2,3 juta telah pulih.

Berikut ini adalah pembaruan terbaru, Rabu, 27 Mei
:
06:32 GMT – Bulgaria akan mengizinkan restoran, bar, dan kafe untuk dibuka kembali dengan kapasitas penuh pada 1 Juni karena negara Balkan semakin meringankan pembatasan yang diberlakukan pada pertengahan Maret untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Menteri Kesehatan Kiril Ananiev menyetujui keputusan tersebut, dan juga mengizinkan dimulainya kembali acara budaya dan hiburan, termasuk teater, konser dan pertunjukan panggung. Kelas dansa juga dapat dilanjutkan, menggunakan hingga 30 persen dari kapasitas indoor mereka dan hingga 50 persen dari kapasitas outdoor.

Namun, sesuai dengan pesanan, disko, bar piano, dan bar malam harus tetap ditutup karena negara ini masih berada dalam situasi epidemi yang diumumkan hingga 14 Juni.


06:10 GMT –
Cinemans, gimnasium, institut pendidikan dan atraksi hiburan telah diizinkan untuk dibuka kembali di Dubai, beberapa hari setelah perpanjangan jam malam nasional diberlakukan di Uni Emirat Arab.

Tidak akan ada batasan pada pergerakan atau operasi bisnis antara jam 6 pagi dan 11 malam waktu setempat. Demikian kantor Media Dubai mengatakan, menambahkan bahwa aturan jarak sosial harus diperhatikan.


05:00 GMT –
Pemerintah Pakistan sedang mempertimbangkan penguncian baru setelah langkahnya untuk mengangkat banyak pembatasan coronavirus selama dua minggu terakhir dan menyebabkan lonjakan kasus baru.

Menteri kesehatan Defacto Zafar Mirza mengatakan, ada “demam besar” ke pasar dan orang-orang berperilaku seolah-olah “virus telah diberantas” sejak trotoar dilonggarkan.

04:45 GMT – Uni Eropa dan Jepang sedang mempersiapkan paket-paket stimulus baru yang besar untuk membuat ekonomi mereka bergerak setelah minggu-minggu terkurungnya virus corona.

Langkah-langkah yang akan diambil  Jepang akan dipastiikan pada pertemuan kabinet Rabu malam. Paket $ 1,1 triliun termasuk uang tunai untuk usaha kecil dan menengah, pembayaran untuk petugas kesehatan serta dana untuk pengembangan vaksin dan peralatan medis, dan sewa subisidies untuk orang atau bisnis yang sedang berjuang.

27-negara Uni Eropa juga akan mengungkap rencana stimulus terbaru pada hari Rabu. Inisiatif lebih dari satu triliun euro melibatkan hibah, pinjaman, dan jaminan. Beberapa negara yang lebih konservatif secara fiskal telah menyatakan keprihatinan tentang hibah tersebut karena mereka perlu dibayar kembali melalui pinjaman bersama, yang dapat menyebabkan kontribusi nasional yang lebih tinggi ke anggaran UE.

04:20 GMT – Korea Selatan telah mengalami lonjakan terbesar dalam kasus virus corona baru dalam 49 hari dengan cluster baru muncul di pusat logistik ritel di sebelah barat Seoul. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mengatakan pihaknya mengkonfirmasi 40 kasus baru hingga tengah malam pada hari Selasa.

Setidaknya 36 kasus telah dikaitkan dengan gudang Coupang, yang ditutup karena desinfeksi pada hari Senin. Semua 3.600 orang yang bekerja di sana sedang diuji virusnya. Coupang menikmati lonjakan bisnis karena orang Korea Selatan tetap tinggal di dalam rumah meskipun beberapa pekerjanya mengeluhkan kondisinya.

“Kami sangat gugup tentang infeksi masyarakat dan kami terus memantau situasi,” kata wakil menteri kesehatan Kim Kang-lip.

04:15 GMT – Nayib Bukele dari El Salvador sependapat dengan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro untuk memuji manfaat hydroxychloroquine.

Bukele mengatakan dia tidak mempromosikannya sebagai pengobatan coronavirus – diberikan perhatian medis tentang penggunaannya – tetapi sebagai langkah pencegahan. “Saya menggunakannya sebagai profilaksis, Presiden Trump menggunakannya sebagai profilaksis, sebagian besar pemimpin dunia menggunakannya sebagai profilaksis,” katanya.

Jika Anda bertanya-tanya tentang obat ini, baca apa yang dikatakan dokter residen kami tentang hal itu di sini. Ada beberapa efek samping yang cukup buruk. Sedang WHO menunda percobaan klinis hydroxychloroquine untuk COVID-19

04:00 GMT – Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengharapkan rancangan cetak biru untuk melanjutkan perjalanan antara kedua negara Selandia Baru – Australia  akan siap pada awal Juni.

“Kami sedang berupaya untuk melanjutkan ini secepat mungkin,” kata Ardern kepada wartawan pagi ini. “Kami berdua sangat tertarik padanya … di kedua sisi parit.”

Idenya adalah untuk menciptakan kelancaran perjalanan yang akan memungkinkan warga Australia dan Selandia Baru untuk melakukan perjalanan ke negara masing-masing tanpa perlu karantina virus corona 14 hari.

03:25 GMT – Singapura telah menyiapkan mesin penjual otomatis di pusat-pusat komunitas di sekitar pulau itu untuk mengeluarkan masker wajah yang bebas. Negara kota itu membuat masker wajah wajib pada 14 April dan memberikan masker gratis kepada setiap rumah tangga.

02:05 GMT – Seorang pria berusia 30 tahun telah meninggal di Queensland, dan menjadi korban termuda dari virus corona di Australia. Sekitar 103 orang di Australia kini meninggal karena virus corona.

Pihak berwenang sedang melacak kemungkinan hubungan antara pria itu dan kapal pesiar Ruby Princess yang memicu kelompok kasus terbesar di negara itu setelah merapat di Sydney pada bulan Maret.

01:30 GMT – Data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins menunjukkan angka kematian yang dikonfirmasi dari coronavirus di seluruh dunia sekarang 350.417, dengan sekitar 28 persen dari kematian itu di Amerika Serikat. Namun jumlah sebenarnya diperkirakan bisa jauh lebih tinggi.

AS – 98.902

Inggris Raya – 37.130

Italia – 32.955
Prancis – 28.533
Spanyol – 27.117

China, tempat penyakit ini pertama kali tercatat akhir tahun lalu, telah memastikan 4.638 kematian.

00:00 GMT – Spanyol, salah satu negara yang paling parah terkena virus corona, akan memulai 10 hari berkabung nasional pada hari Rabu untuk mengingat lebih dari 27.000 orang yang telah kehilangan nyawanya karena penyakit ini.

Bendera akan dikibarkan setengah tiang di ribuan bangunan publik di seluruh negara, serta di kapal-kapal angkatan laut Spanyol. Pada akhir masa berkabung pada 5 Juni, Raja Felipe VI juga akan memimpin upacara resmi untuk mengenang korban.

23:30 GMT (Selasa) –  Polisi di Brazil menggerebek rumah saingan Bolsonaro dalam penyelidikan coronavirus, pada hari Selasa. Rumah yang digerebek adalah rumah Gubernur Rio de Janeiro Wilson Witzel, yang dikatakan sebagai bagian dari penyelidikan korupsi COVID-19. Witzel adalah saingan politik Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro.

Polisi federal mengatakan, surat perintah penggeledahan itu adalah bagian dari penyelidikan dugaan korupsi yang melibatkan penggunaan uang publik yang diperuntukkan bagi pandemi coronavirus.

Demonstran mengambil bagian dalam protes terhadap tindakan Gubernur Rio de Janeiro Wilson Witzel tentang wabah penyakit coronavirus (COVID-19) dan mendukung Presiden Brasil Jair Bolsonaro, di Rio.

23:00 GMT (Selasa) – Otoritas kesehatan regional Amerika Latin WHO telah memperingatkan bahwa coronavirus baru “masih meningkat” di Brasil, Peru, Chili, El Salvador, Guatemala dan Nikaragua, dengan Amerika menjadi pusat  pandemi global yang baru.***sumber Al Jazeera dan kantor berita, Google. (edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru