Sunday, March 29, 2020
Home > Berita > Korban Tewas Gempa Ekuador Terus Bertambah

Korban Tewas Gempa Ekuador Terus Bertambah

Tim penyelamat menyusuri puing-puing mencari korban gempa.

Tim penyelamat menyusuri puing-puing mencari korban gempa. (Foto CNN)

MIMBAR-RAKYAT.com (Quito) – Gempa 7,8-magnitude yang melanda berbagai wilayah di Ekudor, hingga Selasa (19/4) terus bertambah dan telah menewaskan sedikitnya 413 orang. Jumlah tersebut kemungkinan masih akan bertambah, selain lebih dari 2.500 orang cedera berat dan ringan.

Musibah yang dialami masyarakat Amerika Selatan pada Sabtu (16/4) waktu setempat itu terparah terjadi di  pesisir Provinsi Manabi. di mana menurut pihak kantor manajemen darurat nasional Ekuador Ricardo Peñaherrera, sekitar 200 orang lebih ditemuakan tewas.

Kota-kota Manta, Portoviejo dan Pedernales, yang merupakan tujuan wisata, menurut laporan sejumlah media setempat, juga mengalami kehancuran. Namun secara keseluruhan kerusakan tersebar luas di seluruh negeri.
Provinsi Guayas, Manabi, Santo Domingo, Los Rios, Hotan dan Galapagos ditetapkan sebagai daerah darurat.

Stasiun televisi CNN melaporkan, di tengah kehancuran berbagai gedung, rumah, dan tempat-tempat lainnya, harapan tetap timbul akan ditemukannya korban hidup yang terjebak di bawah puing. Tim pencari terus menyisir puing-puing untuk mencari korban.

Pada Senin sore tim penyelamat antara lain menarik seseorang dari reruntuhan sebuah hotel di kota Portoviejo. Korban masih bidup.

Ekuador mengerahkan 10.000 tentara dan 4.600 polisi ke wilayah yang menjadi korban gempa. Mereka mendirikan rumah sakit mobil dan tempat penampungan sementara. Tim juga membawa anjing pelacak untuk membantu menemukan korban selamat dan korban tewas yang tertimbun..

Sejumlah Negara mengirim tim penyelamat guna membantu Ekuador.(Janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru