Monday, August 19, 2019
Home > Berita > Konsistensi dan kemampuan Sean Gelael kendalikan mobil Toro Rosso diuji di Sepang

Konsistensi dan kemampuan Sean Gelael kendalikan mobil Toro Rosso diuji di Sepang

Sean Gelael menyelesaikan lakonnya pada sesi FP1 Sepang, Malaysia, Jumat. (mimbar-rakyat)

MIMBAR-RAKYAT.com (Sepang, Malaysia) – Konsistensi dan kemampuan pebalap muda Indonesia Sean Gelael untuk mengendalikan mobil Formula 1 STR12 kembali diuji di sirkuit Sepang, Malaysia.

Pebalap berusia 20 tahun ini kembali dipercaya untuk turun pada sesi latihan bebas pertama atau Free Practice 1 untuk tim Scuderia Toro Rosso, Jumat (29/9).

Sean melakukan pemeriksaan lintasan (track walk) di Sirkuit Sepang pada Kamis siang.

Bagi Sean, penampilan pada sesi FP1 di sirkuit Sepang merupakan kesempatan keduanya bersama tim Toro Rosso. Sebelumnya Sean sudah dipercaya dan menjalankan tugasnya dengan baik di sirkuit Marina Bay, Singapura, dua pekan lalu.

Bos Toro Rosso, Franz Tost pun memuji penampilan Sean. Putra mantan pereli nasional, Ricardo Gelael ini juga banyak memberikan input kepada tim Toro Rosso.

“Kami cukup puas dengan penampilannya di Singapura. Tentu kami juga berharap Sean bisa melakukan hal yang sama di sirkuit Sepang,” kata Franz Tost. Di Marina Bay, Sean menyelesaikan sesi FP1 dengan mulus meskipun merupakan penampilan perdananya di sirkuit jalan raya itu.

Sean juga berhasil menguasai mobil dengan baik walau kondisi lintasan cukup menantang karena beberapa bagian masih basah akibat guyuran hujan. Yang lebih mengejutkan lagi, torehan waktu Sean masih lebih baik dibanding dua pebalap tim Sauber, Pascal Wehrlein dan Marcus Ericsson.

Buat Sean, sirkuit Sepang bukan tempat yang asing karena dia sudah beberapa kali tampil di sirkuit ini. Pada awal tahun 2016 lalu, Sean bahkan tampil sebagai juara pada balapan Asian Le Mans Series. Saat itu Sean berpasangan dengan Antonio Giovinazzi yang kini menjadi pebalap pengganti tim Ferrari dan pebalap penguji di tim Hass.

Untuk persiapan tampil di Sepang, Sean sudah mengikuti sesi latihan simulator bersama tim Toro Rosso di Inggris. Akhir pekan lalu sebelum bertolak ke Kuala Lumpur, Sean juga menyempatkan diri latihan Gokart beberapa jam di sirkuit Sentul, Bogor. Dalam sesi latihan itu, Sean ditemani pebalap Perancis, Norman Nato. Nato merupakan rekan setim Sean di ajang balap F2 bersama tim Pertamina Arden.

“Sebenarnya tidak ada persiapan khusus. Saya cuma perlu menjaga kebugaran dan feeling balapan. Meski Sepang bukan tempat yang asing buat saya, tetapi tetap bukan pekerjaan yang mudah. Yang pasti saya akan berusaha tampil sebaik mungkin dan bisa memberikan banyak input untuk tim,” kata Sean.

Untuk sesi FP1, Sean kembali akan memakai mobil milik Carlos Sainz Jr. Sean akan tampil bersama Pierre Gasly. Juara GP2 musim 2016 ini telah ditunjuk tim Toro Rosso untuk menggantikan posisi pebalap Daniil Kvyat pada balapan di Malaysia.  (ARL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru