Monday, October 21, 2019
Home > Olahraga > Kiper Paling Ter Dunia

Kiper Paling Ter Dunia

MIMBAR-RAKYATcom (Parais) – Penjaga gawang menjadi berita utama bila mereka mampu menjaga gawang dengan handal, apalagi bila mendapat cobaan beberapa kali dari lawan mereka.

Tapi ada juga penjaga gawang yang menjadi berita karena merupakan kiper ter… bukan saja di tim atau negaranya tapi juga di dunia.

Nah ini berapa penjaga gawang yang bisa dibilang paling ter di dunia, karena mereka sukses menjadi berita utama disebabkan kemampuan tidak biasa yang mereka miliki atau bentuk fisik yang juga tidak biasa.

1 . Tertinggi
Kiper tertinggi dalam sejarah sepakbola adalah kiper asal Belgia, Kristof Van Hout, tingginya mencapai 6 foot 10 inches (302 cm). Namun, meski berpostur tinggi menjulang, karir Van Hout kurang cemerlang.

2 . Terpendek
Kiper terpendek di jagat sepak bola adalah Federico Valentini yang tingginya hanya 165 cm. Federico Valentini juga menjadi penjaga gawang tim nasional negara kecil bernama San Marino.

3 . Tertua
Penjaga gawang tertua yang pernah aktif di liga adalah Neil McBain. McBain sebenarnya bukan penjaga gawang karena dia berposisi asli sebagai sayap untuk Manchester United, Everton dan Liverpool.

Karir McBain sebagai penjaga gawang terjadi saat dia berusia 51 tahun 120 hari. Sebelumnya. McBain memulai karir sebagai pemain tahun 1914 bersama Ayr United.

4 . Terbanyak Kebobolan
Mungkin anda mengenal penjaga gawang Samoa Amerika, Nicky Salapu yang memperkuat negara kecil di Selatan Samudra Pasifik. Salapu adalah kiper yang pernah kebobolan hingga 31 gol saat timnya melakoni babak kualifikasi Piala Dunia 2012 melawan Australia di tahun 2001.

Pertandingan ini berakhir dengan skor sangat mencolok hingga papan skor sempat salah menyebutkan bahwa Australia menang 32-0. Dari 31 gol itu, 13 gol diborong striker Archie Thompson, yang hingga sekarang belum mampu terpecahkan rekornya di ajang internasional.

5 . Terbanyak Cetak Gol
Penjaga gaawang tapi mencetak gol, keren kan?. Sebenarnya banyak juga penjaga gawang yang mampu mencetak gol dari tempatnya berdiri. Salah satunya Peter Schmeichel yang mencetak 13 gol selama karirnya sebagai penjaga gawang. Namun, penjaga gawang yang benar-benar “sakti” bisa mencetak gol bak striker andalan adalah Rogerio Ceni, yang menghabiskan karirnya untuk satu klub, Sao Paulo di Brasil. (PB/him) 

Foto  :  rumahsport.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru