Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Kereta Cepat Mekkah – Madinah Telah Dibuka Untuk Umum

Kereta Cepat Mekkah – Madinah Telah Dibuka Untuk Umum

Kereta Api Kecepatan Tinggi Haramain Arab Saudi telah dibuka untuk umum Kamis (11/10), untuk membawa para peziarah Muslim dan wisatawan antara Mekah dan Madinah. (Foto: Al-Ekhbariya/Arab News)

Kereta Api Kecepatan Tinggi Haramain Arab Saudi telah dibuka untuk umum Kamis (11/10), untuk membawa para peziarah Muslim dan wisatawan antara Mekah dan Madinah. (Foto: Al-Ekhbariya/Arab News)

Perjalanan Mekah – Madinah dengan kereta cepat memakan waktu 2 jam. Biasanya perjalanan darat antara kedua kota suci itu memerlukan waktu 10 jam.

Mimbar-Rakyat.com (Jeddah) – Kereta Api Kecepatan Tinggi Haramain Arab Saudi telah dibuka untuk umum Kamis (11/10), untuk membawa wisatawan antara Mekkah dan Madinah melalui Raja Abdullah Economic City (KAEC) di Rabigh dan Jeddah.

Rumaih Al-Rumaih, ketua Otoritas Transportasi Umum (PTA), mengatakan: “Ini adalah momen yang menandai titik balik sejarah nasional dalam transportasi modern Kerajaan.” Demikian dilaporkan oleh Arab News.

Kereta beroperasi empat hari seminggu, dari Kamis hingga Minggu. Nantinya angkutan massal ini  diharapkan beroperasi setiap hari, dimana waktu perjalanan langsung antara Mekah dan Madinah akan memakan waktu 2 jam, dan perjalanan antara Mekah dan Madinah dengan berhenti di Jeddah dan KAEC selama 20 menit. Biasanya perjalanan darat antara kedua kota suci itu memakan waktu 10 jam.

Al-Rumaih menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman atas dukungan tanpa batas mereka. Dia juga berterima kasih kepada Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal yang dinilai memiliki  “peran utama dalam mendukung proyek dan dalam mengatasi hambatan selama fase implementasi.”

Al-Rumaih  mengucapkan terima kasih pula kepada Menteri Perhubungan Nabeel Al-Amoudi dan semua mitra lainnya untuk berkontribusi pada keberhasilan pembukaan proyek kereta api terbesar di Timur Tengah.

Saad Al-Shehri, direktur jenderal Kereta Api Kecepatan Tinggi Haramain di Madinah, mengatakan bahwa perjalanan umum pertama di kereta api dimulai dengan membawa 417 penumpang dari Madinah ke Mekah.

Sebuah kereta yang melakukan perjalanan ke arah yang berlawanan dari Mekah ke Madinah dengan pemberhentian di Jeddah dan KAEC, yang membawa penumpang yang sama, berangkat pada waktu yang sama.

Tiket untuk Kereta Api Kecepatan Tinggi Haramain dapat dibeli secara online (www.hhr.sa), serta melalui telepon (920004433) atau langsung dari kantor tiket antara pukul 8 pagi dan 9 malam. Saat ini dberikan diskon 50 persen.

Proyek Kereta Api Kecepatan Tinggi Haramain sejalan dengan tujuan Visi 2030, karena itu akan membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke tempat-tempat suci Kerajaan.

Kereta api ini setiap tahunnya mampu mengangkut 60 juta penumpang dalam satu armada 35 kereta, masing-masing terdiri dari 417 kursi. Kereta, yang dapat melakukan perjalanan hingga 300 km per jam, dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk memastikan kenyamanan dan keamanan.

Kereta cepat ini menempuh jarak 450km, menghubungkan stasiun-stasiun di Makkah, Jeddah, Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah (KAIA), Raja Abdullah Economic City (KAEC) di Rabigh, dan Madinah.

Kerajaan Arab Saudi meningkatkan belanja infrastrukturnya untuk memperluas kereta api – sistem metro senilai $ 22,5 miliar yang saat ini sedang dibangun di Riyadh

Ziarah haji tahunan, yang akan berlangsung pada bulan September tahun depan, menghadirkan jamaah lebih dari 2 juta Muslim ke wilayah Mekah. Selama musim Haji, perjalanan darat antara dua kota suci biasanya memakan waktu selama 10 jam. Proyek mega SR60 miliar (16 miliar dollar AS) atau jalur kereta api terbesar di Timur Tengah ini telah mempersingkat waktu perjalanan.***(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru