Monday, October 14, 2019
Home > Berita > Kejurnas Reli 2018 tiga putaran dan sprint delapan

Kejurnas Reli 2018 tiga putaran dan sprint delapan

Ilustrasi berita IMI Kejurnas 2 018. (karyakui)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Ikatan Motor Indonesia (IMI) menetapkan Kejurnas Reli 2018 digelar sebanyak tiga putaran sedangkan sprint delapan putaran.

Rifat Sungkar selaku Direktur Rally dan Sprint Rally IMI Pusat menyatakan, tiga putaran Kejurnas Sprint Rally 2018 digelar bersamaan dengan Indonesian eXtreme Offroad Championship (IXOR).

Lima putaran lain digelar terpisah, yaitu tiga putaran bersamaan dengan Kejurnas Rally, satu putaran di Jawa Timur dan putaran lain di Jawa Barat dengan mengusung tema King of Kings.

Rifat menjelaskan, IMI telah berkoordinasi dengan Pengprov IMI daerah yang akan menjadi tuan rumah Kejurnas Rally akan diadakan.

“Kami diimbau untuk menyesuaikan jadwal karena adanya Pilkada Maret hingga Mei dan Juni sudah memasuki bulan Ramadhan, dan juga persiapan Pemilihan Presiden di bulan Oktober. Maka dari itu, kegiatan efektif otomotif ada di bulan Januari, Februari, Juli, Agustus, September, November dan Desember,” katanya.

Berikut jadwal Kejurnas Rally dan Sprint Rally 2018:

 

25 Februari – Kejurnas Sprint Rally Putaran 1 & Kejurnas Rally Putaran 1 – Sidrap, Sulawesi Selatan

18 Maret – Kejurnas Sprint Rally Putaran 2 & IXOR 1 (TBA)

22 April – Kejurnas Sprint Rally Putaran 3 – Gresik, Jawa Timur

15 Juli – Kejurnas Sprint Rally Putaran 4 & IXOR 2 – BSD, Tangerang Selatan

12 Agustus – Kejurnas Sprint Rally Putaran 5 & Kejurnas Rally Putaran 2 – Palembang, Sumatera Selatan

2 September – Kejurnas Sprint Rally Putaran 6 King of King, Jawa Barat

23 September – Kejurnas Sprint Rally Putaran 7 & IXOR 4 – BSD, Tangerang Selatan

4 November – Kejurnas Sprint Rally Putaran 8 & Kejurnas Rally Putaran 3 – Medan, Sumatera Utara.

 

Rifat menambahkan, para peserta yang berkomitmen ingin menjadi Juara nasional harus mengikuti sedikitnya empat putaran Kejurnas Sprint Rally 2018, namun setelah empat putaran mereka tetap berhak mengakumulasi poin di semua putaran yang mereka ikuti. Sementara di Rally tidak ada jumlah minimal putaran yang harus mereka ikuti.

Sementara itu, selain kelas sedan 4WD (M), sedan berpenggerak roda (F) dan sedan berpenggerak roda belakang(R), Kejurnas Sprint Rally 2018 yang juga akan memperlombakan kelas Jip untuk bisa memperebutkan juara nasional. Untuk menampung aspirasi maka kelas Jip akan dibagi menjadi dua, yaitu J1 (0 – 1600 cc) dan J2 (1601 – 5000 cc). Kelas J2 juga sudah termasuk kelas untuk kendaraan berjenis UTV.

“Di tahun ini, kami memberikan perhatian pada kelas Jip di ajang Kejurnas Sprint Rally, karena IMI menilai bahwa kelas Jip banyak peminatnya. Kendaraan ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia jadi selain dapat dipakai oleh driver-drivernasional kelas ini akan sangat baik untuk awal hero-hero lokal memulai debutnya di ajang rally” pungkas Rifat.

Beberapa perubahan teknis di beberapa kelas seperti update kelas M1 dan M2 dengan gearbox bebas dan restrictor turbo yang lebih besar serta kelas F1 yang berubah kapasitasnya mencapai maximal 1400cc dapat dilihat pada websiteresmi IMI pada minggu ketiga bulan Januari.  (sp/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru