Sunday, September 22, 2019
Home > Politik > Kedua Pasangan Klaim Menangi Pilpres 2014

Kedua Pasangan Klaim Menangi Pilpres 2014

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajaya (Prabowo-Hatta) mengklaim menenangi pemilihan presiden (Pilpres) 2014, yang digelar Rabu (9/7). Begitu pula dengan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).   

Prabowo, mantan jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus), mendeklarasikan kemenangannya dalam pesta demokrasi pemilihan presiden-wakil presiden itu,  satu jam setelah pasangan  Jokowi  mengumumkan kemenangan bersama JK dan sejumlah ketua partai pendukung, di  Jakarta.

Prabowo bahkan melakukan sujud syukur di rumah mendiang ayahnya, Soemitro Djojohadikusumo, di Jakarta.

Dalam keterangan pers, didampingi calon wakil presiden Hatta Rajasa dan sejumlah ketua partai koalisi, Prabowo mengatakan;  “Saudara-saudara sekalian, sebangsa setanah air, teman-teman media, kami dari Koalisi Merah Putih memantau dan mengumpulkan keterangan yang masuk dari quick count sejumlah lembaga survei dan dari lembaga survei yang kami gunakan sebagai acuan,” katanya.

“Kami bersyukur bahwa dari semua keterangan yang masuk menunjukan bahwa kami, pasangan nomor urut 1, Prabowo-Hatta, mendapat dukungan dan mandat dari rakyat Indonesia,” ujarnya lagi.

Sementara Jokowi menyatakan keunggulannya atas pasangan  Prabowo-Hatta, versi hasil hitungan cepat atau quick count sejumlah lembaga survei merupakan sejarah baru Indonesia.

“Oleh karena itu hari ini arah baru indonesia telah ditentukan oleh rakyat. Kita semua ingin Indonesia lebih baik, ingin Indonesia rakyatnya sehat, pintar, beradab, rakyatnya sejahtera, berkeadilan. Hari ini sejarah baru dibuat,” kata Jokowi dalam pidato di depan pendukungnya di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (9/7).

Di lain pihak, pimpinan kampanye Prabowo-Hatta,  Mahfud MD menolak mengaku kandidatnya kalah, meski sebagian besar lembaga survei telah menunjukkan  Jokowi-JK yang unggul.

“Prosesnya masih berlangsung,” ujarnya. Menurut Mahfud,  berdasarkan lembaga-lembaga survei justru pihaknya yang menang.

Berdasarkan hasil quick count yang dirangkum Liputan6.com,  Rabu (9/7) malam, terdapat 7 dari 11 lembaga survei yang menyatakan pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) sebagai pemenang Pilpres. Hanya 4 lembaga survei yang menyatakan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan, dari 98,05% suara yang masuk, Prabowo-Hatta memperoleh 46,7% dan Jokowi-JK meraih 53,3%. Kemudian  Center for Strategic and International Studies (CSIS)-Cyrus Newtwork menyebutkan, dari 99,90% suara yang masuk, Prabowo-Hatta memperoleh 48,1% dan Jokowi-JK meraih 51,9%.

Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyebut dari 99,3% suara masuk, Prabowo-Hatta memperoleh 47,09% dan Jokowi-JK meraih 52,91%.  Survei Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas menyebutkan, dari 100% suara masuk,  Prabowo-Hatta memperoleh 47,66 dan Jokowi-JK meraih 52,34%.

Indikator Politik menyebutkan, dari 99,5% masuk, Prabowo-Hatta memperoleh 47,06% dan Jokowi-JK meraih 52,94%. Survei Radio Republik Indonesia (RRI) menyebutkan, dari 97% suara masuk, Prabowo-Hatta memperoleh 47,40% dan Jokowi-JK meraih 52,60%.  Populi Center menyebutkan, dari 98,95% suara masuk, Prabowo-Hatta memperoleh 49,06% Jokowi-JK meraih 50,94%.

Sedangkan 4 lembaga survei lainnya menunggulkan pasangan Prabowo-Hatta, yakni Jaringan Suara Indonesia (JSI) menyebutkan, dari 91,35% suara masuk, Prabowo-Hatta memperoleh 50,16% dan Jokowi-JK meraih 49,84%.  Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menyebutkan, dari 93,41% suara masuk, Prabowo-Hatta memperoleh 52,05% dan Jokowi-JK meraih 47,95%

Lembaga Survei Nasional (LSN) menyebutkan, dari 96,51% suara masuk, Prabowo-Hatta memperoleh 50,56% dan Jokowi meraih 49,44%, serta Indonesia Research Centre (IRC) menyebutkan, dari 100% suara masuk, Prabowo-Hatta memperoleh 51,11% dan Jokowi meraih 48,89%.

Hasil resmi Pilpres akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) 22 Juli 2014.***Eank

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru